This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

Minggu, 22 Januari 2012

BERPUASA BAGI MUSAFIR



PUASA BAGAI MUSAFIR 2


PUASA BAGI MUSAFIR (2-habis)

MUKADDIMAH

Pada bagian yang lalu, kita telah mengkaji hadits-hadits seputar berpuasa bagi musafir, yaitu hadits-hadits yang intinya membolehkan berpuasa.
Dan sebagai yang telah kami janjikan, bahwa pada kajian kali ini kita akan membahas hadits seputar perbedaan pendapat di kalangan ulama berkenaan dengan hal itu.

Semoga bermanfa'at.

NASKAH HADITS (3)

Dari Abi ad-Dardâ` radliyallâhu 'anhu, dia berkata, "Kami pernah keluar bersama Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam pada bulan Ramadlan saat temperatur sedemikian panas, hingga membuat salah seorang diantara kami sampai meletakkan tangannya diatas kepalanya saking panasnya. Dan tidak ada seorang diantara kami yang berpuasa selain Rasulullah dan 'Abdullah bin Rawahah." (HR.Muslim)

MAKNA GLOBAL

Pada bulan Ramadlan, di hari-hari yang demikian panas, Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam keluar bersama para shahabatnya. Karena temperatur yang demikian panas tersebut, tidak ada seorangpun diantara mereka yang berpuasa selain Nabi dan 'Abdullah bin Rawahah al-Anshoriy radliyallâhu 'anhu.
Mereka berdua sanggup menahan panas tersebut dan berpuasa.

KANDUNGAN HADITS

- Kebolehan berpuasa di dalam perjalanan sekalipun kondisinya sangat sulit bahkan sampai membuat badan celaka.

NASKAH HADITS (4)

Dari Jabir bin 'Abdullah radliyallâhu 'anhum, dia berkata, Pernah dalma satu perjalanan, Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam melihat desak-desakan dan seorang laki-laki yang dinaungi (dipayungi), lalu beliau bersabda, "Ada apa dengan orang ini?." Mereka menjawab, "Dia sedang berpuasa." Beliau bersabda, "Bukanlah termasuk 'Birr' (kebajikan) berpuasa di dalam perjalanan." (HR.Bukhari)
Dalam riwayat Muslim disebutkan (sabda beliau), "Hendaklah kalian mengambil rukhshoh (dispensasi/keringanan) yang diberikan oleh Allah kepada kalian." (HR.Muslim)

MAKNA GLOBAL

Pada salah satu perjalanannya, Rasulullah pernah melihat manusia saling berdesak-desakan dan seorang laki-laki yang dipayungi, maka beliau bertanya kepada mereka perihal orang tersebut. Mereka menjawab bahwa dia sedang berpuasa dan dahaga sedemikan mencekik dirinya. Maka beliau yang demikian pengasih dan mulia hatinya bersabda, "Sesungguhnya berpuasa di dalam perjalanan bukanlah termasuk perbuatan kebajikan akan tetapi hendaknya kalian mengambil rukhshoh yang Allah berikan kepada kalian." Karena Allah Ta'ala tidak menghendaki untuk menyiksa kalian manakala kalian beribadah kepadanya.

PELAJARAN DARI HADITS

Diantara pelajaran yang dapat dipetik dari hadits ini:

  1. Kebolehan berpuasa di dalam perjalanan dan kebolehan mengambil rukhshoh juga, yaitu dengan berbuka (tidak berpuasa)
  2. Berpuasa di dalam perjalanan bukan termasuk perbuatan kebajikan akan tetapi yang mengerjakannya mendapatkan pahala dan telah gugurlah kewajibannya
  3. Bahwa yang lebih utama adalah memilih rukhshoh-rukhshoh yang telah diberikan Allah, yang dengannya beban para hamba menjadi ringan.

PENDAPAT PARA ULAMA

Para ulama berselisih pendapat mengenai hukum berpuasa di dalam perjalanan. Setidaknya, ada dua pendapat:

I. Menyatakan harus berbuka (tidak puasa)

Sebagian ulama Salaf sangat keras berpendapat bahwa bilamana seorang Musafir berpuasa, maka puasanya tersebut tidak mendapatkan pahala apa-apa. Ini adalah pendapat Imam az-Zuhriy, an-Nakha'iy. Pendapat ini juga diriwayatkan dari para shahabat seperti 'Abdurrahman bin 'Auf, Abu Hurairah dan Ibn 'Umar serta merupakan madzhab Ahli Zhahir.

Dalil

  1. Firman Allah Ta'ala dalam surat al-Baqarah, ayat 185, yaitu (artinya),

    "Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain."
    Arahan ayat:

    Mereka berkata bahwa dalam ayat ini Alllah tidak mewajibkan puasa kecuali atas orang yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) dan telah mewajibkan atas orang yang sakit dan Musafir pada hari-hari yang lain.

  2. Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Jabir bahwasanya Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam pernah keluar pada tahun penaklukan Mekkah ('Am al-Fath) di bulan Ramadlan. Ketika itu beliau berpuasa hingga sampai di suatu tempat bernama Kirâ' al-Ghamîm. Orang-orang yang ikut serta ketika itu juga berpuasa. Kemudian beliau mengambil sebuah bejana air, lalu mengangkatnya hingga orang-orang melihatnya, kemudian beliau meminumnya. Setelah itu, ada yang bertanya, "Sesungguhnya ada sebagian orang di sini yang masing berpuasa."

    Maka beliau menjawab, "Mereka itulah para pembangkang (pelaku maksiat karena menentang Rasulullah), mereka itulah para pembangkang."
    Dalam hadits ini, beliau menyatakan "mereka itulah para pembangkang" karena tindakan mereka berpuasa.

  3. Hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhariy dari Jabir, di dalamnya disebutkan "Bukanlah termasuk kebajikan, berpuasa di dalam perjalanan."

II. Boleh berpuasa ataupun tidak berpuasa.

Ini adalah pendapat Jumhur (mayoritas) ulama, diantaranya ulama Empat Madzhab.

Dalil

Jumhur ulama juga mengemukakan dalil-dalil yang kuat, diantaranya hadits-hadits yang telah kita bahas:

  1. Hadits yang diriwayatkan oleh Hamzah al-Aslamiy, "Jika kamu mau, silahkan berpuasa dan jika kamu mau, silahkan berbuka."
  2. Hadits yang diriwayatkan oleh Anas, "Kami pernah bepergian bersama Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam namun tidak ada orang yang berpuasa mencela orang yang tidak berpuasa, demikian juga tidak ada orang yang tidak berpuasa mencela orang yang berpuasa."
  3. Hadits Abu Dardâ` diatas, yang menyatakan bahwa Rasulullah dan 'Abdullah bin Rawahah tetap berpuasa.

Bantahan Mereka Terhadap Pendapat Pertama

  1. Terhadap argumentasi dengan ayat diatas, orang yang karenanya ayat tersebut turun (alias Rasulullah) sesudah turunnya ayat tersebut juga pernah berpuasa sementara beliau adalah manusia yang paling mengetahui maknanya. Oleh karena itu, jelas sekali bahwa maknanya bukan seperti yang kalian sebutkan itu.
    Kebanyakan para ulama menyebutkan bahwa di dalam ayat tersebut ada yang dbuang (tidak dinampakkan), seharusnya ada kata "lalu ia berbuka (tidak puasa)". Jadi, bunyinya, "…dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka)…" (Dalam hal ini, persis seperti pada terjemah al-Qur'an oleh DEPAG-red.,)
  2. Adapun argumentasi mereka dengan sabda Rasulullah, "Mereka itulah para pembangkang" , maka hal itu merupakan kondisi khusus, yaitu terhadap orang-orang yang merasa kesulitan untuk meneruskan puasa sehingga beliau Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam pun berbuka agar mereka mengikuti beliau namun mereka tidak mau, maka disabdakanlah demikian karena ketidakmauan mereka mengikuti tuntunan beliau.
  3. Adapun jawaban terhadap hadits, "Bukan termasuk kebajikan berpuasa di dalam perjalanan", maka maknanya adalah bahwa berpuasa di dalam perjalanan bukan termasuk kebajikan yang dimaksudkan untuk berlomba-lomba di dalamnya. Alias bila ingin berlomba-lomba dalam kebajikan, bukan kondisi dalam perjalanan ini tempatnya.
    Sebab bisa jadi berbuka (tidak berpuasa) di dalam perjalanan adalah lebih utama bila di sana terdapat kesulitan atau ia dapat membantu untuk berjihad sementara Allah suka bila rukhshoh-rukhshoh yang diberikannya diambil oleh hamba-Nya sebagaimana Dia benci bilamana perbuatan-perbuatan maksiat dilakukan terhadap-Nya.

Masalah: Mana Yang Lebih Utama, Berpuasa atau Berbuka?

Setelah sependapat dalam hal kebolehan berpuasa atau tidak berpuasa di dalam perjalanan, Jumhur ulama berbeda pendapat seputar; mana yang lebih utama, berpuasa atau berbuka (tidak berpuasa)?

Dalam hal ini terdapat dua pendapat:

  1. Menyatakan bahwa berpuasa lebih utama bagi orang yang mendapatkan kesulitan di dalam perjalanan
    Ini merupakan pendapat tiga imam madzhab, yaitu Abu Hanifah, Malik dan asy-Syafi'iy

    Dalil

    Ada beberapa hadits, diantaranya:

    - Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Salamah bin al-Muhbiq dari Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam, beliau bersabda (artinya), "Barangsiapa yang memiliki kendaraan yang menyebabkannya dalam kondisi kenyang (tidak mendapatkan kesulitan apapun), maka hendaklah dia berpuasa kapanpun dia mendapatkannya."

  2. Menyatakan bahwa berbuka di bulan Ramadlan adalah lebih utama sekalipun tidak mendapatkan kesulitan di dalam perjalanan.

    Ini adalah pendapat Imam Ahmad. Juga merupakan pendapat Sa'id bin al-Musayyib, al-Awza'iy dan Ishaq bin Rahawaih.

Dalil

Mereka berdalil dengan hadits-hadits:

  1. Hadits yang kita bahas, "Bukan termasuk kebajikan, berpuasa di dalam perjalanan."
  2. hadits, "Sesungguhnya Allah suka bila rukhshoh-rukhshohnya dijalankan."

FAEDAH

Para ulama berbeda pendapat di dalam menentukan standar perjalanan yang dibolehkan berbuka (tidak berpuasa) dan meringkas shalat (Qashar). Pendapat yang tepat adalah bahwa tidak ada standar khusus sebagaimana yang biasa disebutkan oleh para ulama karena tidak satupun ada dalil yang menguatkan hal itu, yang berasal dari asy-Syâri' (Allah Ta'ala). Allah Ta'ala bahkan telah menyebutkan kata Safar (bepergian/perjalanan) secara mutlaq (tanpa mengait-ngaitkan dengan sesuatu) sehingga kita juga patut menjadikannya seperti itu. Artinya, sesuatu yang dianggap sebagai Safar maka dibolehkan padanya rukhshoh-rukhshoh yang berkenaan dengan Safar tersebut.

(Diambil dari kitab Taysîr al-'Allâm Syarh 'Umdah al-Ahkâm karya Syaikh 'Abdullah Al-Bassam, Jld.I, h.426-430)


UPAYA MENGEMBALIKAN KEFITRAHAN HATI



Upaya MENGEMBALIKAN KEFITRAHAN HATI

PENDAHULUAN

Arti dari kata fitrah adalah manusia dapat menemukan hakikat tanpa memerlukan penalaran atau argumentasi, (yang sederhana ataupun yang rumit). Manusia dengan gamblang mendapatkan hakikat tersebut. Umpamanya, jika manusia melihat sekuntum bunga yang indah dan semerbak baunya, ia mengakui pesona bunga tersebut. Dalam pencerapan ini, ia tidak melihat adanya penalaran. Dengan serta-merta berkata, “Bunga ini elok rupanya”, tanpa memerlukan argumentasi.
Pengenalan terhadap Tuhan dan keberagamaan juga merupakan bagian dari jenis pengetahuan fitri. Ketika seseorang menengok ke lubuk hatinya, ia akan melihat cahaya kebenaran. Ia akan mendengar seruan dari sudut sanubarinya. Seruan yang mengajaknya ke arah Sumber Awal, menghampiri ilmu dan kemahakuasaan-Nya di jagad raya ini yang tanpa tandingan; Sumber Awal yang merupakan kesempurnaan mutlak dan mutlak sempurna. Dalam pengetahuan fitri ini, ia persis seperti melihat keelokan bunga yang tidak memerlukan argumentasi.

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Illahi Robbi atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyusun Tugas dengan topik “UPAYA MENGEMBALIKAN KEFITRAHAN HATI”. Tugas ini disusun sebagai bahan untuk mendapatkan nilai dari mata kuliah “Profil Tenaga Pendidik”:

Dan khusus kepada bapak Dosen, dengan kerendahan hati kami menyampaikan terima kasih atas tugas yang diberikan dan juga bimbingannya. Sehingga dengan tugas itu, kami bisa merasakan bagaimana rasanya menyelesaikan sebuah permasalahan.

Selain itu juga kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian tugas ini.
Besar harapan kami, agar makalah ini, bisa menjadi satu bahan pertimbangan untuk memberikan kami penilaian. Kami menyadari bahwa Tugas ini banyak kekurangan dan jauh dari sempurna, oleh karena itu saran dan kritik yang bersifat Konstrukrif dari semua pihak yang telah membaca sangat diharapkan, agar penyusunan mendatang lebih sempurna.

Hormat Kami

SUDARTO


B PERUMUSAN MASALAH

  1. Apakah pengertian dari kefitrahan ?
  2. Bagaimana kefitrahan dalam diri kita?
  3. Bagaimana kefitrahan dalam diri kita setelah kita dewasa?
  4. Bagaimana pandangan tentang Manusia dan pembinaan Suara Hati ?
  5. Bagaimana caraku agar hatiku fitrah kembali?

C. TUJUAN PEMBAHASAN MASALAH

  1. Mengetahui pengertian dari kefitrahan.
  2. Mengetahui kefitrahan dalam diri kita.
  3. Mengetahui kefitrahan dalam diri kita setelah kita dewasa.
  4. Mengetahui pandangan tentang Manusia dan pembinaan Suara Hati.
  5. Mengetahui cara-caraku agar hatiku fitrah kembali

D. SISTEMATIKA PEMBAHASAN.

Sistematika pembahasan makalah ini diuraikan dalam bahasa yang lugas, sederhana sehingga mudah dipahami termasuk oleh semua pembaca dari kelas Tarbiyah masuk sore. Selain itu berisi panduan – panduan dan pelajaran bagi generasi muda Islam sekarang, serta keterangan – keterangan mengenai masalah Kefitrahan dalam diri kita. Dengan perincian sebagai berikut :

  1. BAB 1 membahas Pendahuluan, Kata Pengantar, Perumusan Masalah, Tujuan Pembahasan masalah serta Sistematika pembahasan.
  2. BAB II berisi mengenai pembahasan masalah
  3. BAB III yang didalamnya merupakan Penutup yang berisi Kesimpulan dan saran


BAB II

PEMBAHASAN MASALAH

UPAYA MENGEMBALIKAN KEFITRAHAN HATI


A. Pengertian Fitrah


Kaidah Fitrah adalah wujud singkronisasi antara manusia dengan seluruh makhluk semesta alam. Dan inilah yang dinyatankanNya sebagai aturan wajib ditepati oleh manusia , sebagaimana dinyatakan dalam surah Ar-Rum : 30, sebagai berikut:

Artinya:

30. Maka hadapkanlah wajahmu dengan Lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahu,

Fitrah Allah: Maksudnya ciptaan Allah. manusia diciptakan Allah mempunyai naluri beragama Yaitu agama tauhid. kalau ada manusia tidak beragama tauhid, Maka hal itu tidaklah wajar. mereka tidak beragama tauhid itu hanyalah lantara pengaruh lingkungan.

B. Mari Kita Lihat Kefitrahan Kita dalam mulai awal

Kalau kita masih mau berbicara bahwa fitrah kita yang paling awal adalah fitrah seorang bayi, maka seorang bayi fitrahnya adalah: Dia tidak tahu namanya dan tidak tahu pula nama-nama lainnya, dia tidak tahu jenis kelaminnya, dia tidak tahu siapa orang tuanya, dia tidak pernah mengaku punya apa-apa, dia tidak tahu apa itu pahala dan dosa, dia tidak tahu apa itu siang dan malam, dia tidak tahu apa itu lapar dan haus, dia tidak tahu apa itu bahagia dan sedih, dia tidak tahu kata-kata dan huruf-huruf, dia tidak tahu warna-warni, bahkan dia tidak tahu untuk apa dia menangis dan tertawa.   Sedangkan kita…, semua tidak-tidak itu tadi sudah menjadi atribut keseharian kita. Dengan gagah perkasa kita mengakui semuanya itu sebagai atribut milik kita. Nama saya Sudarto , lalu semua yang ada disekitar si Darto adalah ‘MILIK’ si Darto. Masalahnya adalah bagaimana kita bisa tidak mengaku, bisa tidak merasa memiliki ditengah-tengah puluhan pengakuan dan kepemilikan kita itu…?. Ini sudah menjadi sebuah persoalan tersendiri…

 C. Sekarang mari kita lihat fitrah kita sebagai orang dewasa.

Islam menyebut bahwa melalui hati inilah manusia menemukan kesadaran ketuhanannya --yang nantinya akan mempunyai segi konsekuensial pada kesadaran moral dan sosialnya. Kesadaran yang disebut ketakwaan ini tumbuh dalam hati; sebaliknya dosa dan kekafiran juga berkembang dalam hati.

Kita sebagai seorang muslim yang taat, haruslah percaya kepada apa yang telah ditakdirkan oleh Allah. Tetapi dalam hal ini kita tidak boleh hanya diam tanpa berusaha, karena Allah tidak akan merubah nasib takdir seseorang apabila orang itu tidak mau berusaha untuk merubahnya

Problematika kemudian adalah dimaksudkan dengan istilah tersebut apakah sekedar menunjukkan makna konotatif ataukah denotatif.

Ada sebuah ungkapan yang dikenal di kalangan orang-orang kerohanian, bahwa di dalam diri manusia ada “ruang kosong” yang harus kita isi dengan hal-hal yang baik. Jika kita tidak mengisinya dengan hal-hal yang baik, maka ruang kosong itu, otomatis akan diisi dengan hal-hal yang buruk. Ibarat sebuah roda, ruang kosong itu adalah yang menjadikannya sebagai roda. Metafor ini bisa dipakai untuk manusia: ruang kosong itulah yang menjadikan kita berarti secara spiritual sebagai manusia. Itulah: suara hati, atau hati nurani.

Apa yang berkaitan dan sering dibicarakan sebagai “suara hati” (conscience) ini dalam Islam digambarkan dengan berbagai nama, qalb, fu`âd, lûbb, sirr, `aql, dan sebagainya, yang semuanya berhubungan dengan pengertian kesadaran, atau biasa disebut dalam wacana Islam sebagai “hati” (qalb, kalbu) saja, dari kata qalaba yang artinya “membalik” --berpotensi bolak-balik: di suatu saat merasa senang, dan di saat lain merasa susah, di suatu saat menerima, di saat lain meolak. Sehingga hati seringkali tidak konsisten, sehingga dibutuhkanlah cahaya Ilahi (maka disebut “hati-nurani” –yang maknanya hati yang bercahaya). Hati bisa “bolak-balik” sebab, kadangkala ia menerima bisikan malaikat (lammah malakîyah), kadangkala bisikan setan (lammah syaithânîyah), kadangkala bisikan nafsunya sendiri.

Kedudukan hati ini sangat penting dalam Islam, sehingga dalam Sufisme pemikiran mistisisme Islam misalnya, menaruh uraian tentang hati ini dalam jantung ajarannya. Walaupun kata “hati” ini barangkali kurang mengena bagi orang-orang modern dewasa ini yang terbiasa dengan wacana ilmu pengetahuan yang rasional, tetapi asing dengan istilah-istilah metaphor seperti “hati” yang lebih banyak merupakan tamsil-ibarat dari ilmu-ilmu kearifan. Tetapi justru inti ajaran agama yang membawa manusia pada moralitas luhur (akhlâq al-karîmah) ada dalam wacana suara hati ini.

Imam al-Ghazali seorang teolog besar Muslim abad 12 membahas soal suara hati ini dalam salah satu babnya dalam buku Ihya’ Ulum-i al-Din yang sangat terkenal. Pembahasan al-Ghazali tentang hati dalam buku tersebut, dapat dibandingkan dengan pembahasan tentang “Kecerdasan Emosi” (Emotional Intelligence, EQ) dan “kecerdasan spiritual” (spiritual intelligence, SQ) dalam psikologi kontemporer. Dalam buku tersebut, al-Ghazali menjelaskan “hati” sebagai acuan yang harus dikembangkan dalam pencapaian kehidupan rohani. Bahkan ia menafsirkan hati sebagai esensi dari kemanusiaan itu sendiri. Ia membandingkan hati dengan sebuah kaca yang mencerminkan segala sesuatu di sekelilingnya. Jika hati ada dalam situasi yang kacau, di mana akal-budi (`aql) yakni potensi yang dapat mengembangkan suara hati ini ditaklukkan dan tak dikenali, maka hati menjadi “mendung dan gelap” (artinya orang mengalami perasaan-perasaan negatif (sering disebut negative ego, dalam spiritualitas), akibatnya menjadi kurang cerdas secara emosi dan spiritual, yang biasa disebut dalam tasawuf “penyakit hati").

Sebaliknya jika keseimbangan yang benar ditegakkan, kaca hati tersebut akan mencerminkan kecemerlangan bidang rohani, dan dengan demikian terbukalah sifat-sifat langit, dan terpantullah akhlak Allah. Sesuai dengan Hadits Nabi, “Hiasilah dirimu dengan akhlak Allah.” Melalui dzikir kepada Allah, dan terhiasinya sifat-sifat positif dari akhlak-Nya, maka suara hati ini (kesadaran moral) pun mencapai apa yang dalam agama disebut “jiwa yang tenang” (nafs al-muthmainnah) yang membuka pintu bagi kedekatan kepada Allah. Sehingga hati menjadi tempat bagi ingatan akan Allah, sehingga akhirnya hati ini menjadi cahaya Allah. Hal ini seperti diungkap dalam al-Qur’an: al-Nûr /24: 35.

Artinya :

25. dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : "Inilah yang pernah diberikan kepada Kami dahulu." mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.

Islam menyebut bahwa melalui hati inilah manusia menemukan kesadaran ketuhanannya --yang nantinya akan mempunyai segi konsekuensial pada kesadaran moral dan sosialnya. Kesadaran yang disebut ketakwaan ini tumbuh dalam hati; sebaliknya dosa dan kekafiran juga berkembang dalam hati.

D. Pandangan tentang diri kita dan Pembinaan Suara Hati

Islam menegaskan bahwa manusia itu pada dasarnya baik.  Pelihara saja dasar itu, tidak usah ditambahi dan dikurangi. Meminjam istilah Dante Alegieri dalam bukunya Divina Comedia, menurut Islam manusia itu dilahirkan dalam fitrah yang suci.  Sehingga seorang bayi, hidup dalam alam

UPAYA MENGEMBALIKAN KEFITRAHAN HATI 2

30. Maka hadapkanlah wajahmu dengan Lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

Lawan dari fitrah ini, adalah dosa. Apa itu dosa? Al-Qur’an menyebut orang yang berdosa itu sebagai zhâlim –yang sudah menjadi bahasa Indonesia, zalim, lalim—dan sering diterjemahkan dengan arti aniaya. Secara harafiah, zhâlim artinya orang yang menjadi gelap.  Dosa dalam bahasa Arab, zhulmun, kegelapan, artinya membuat hati yang gelap (suara hati yang tertutup).  Kalau seseorang banyak berdosa, maka hati (suara hati)-nya tidak lagi bersifat nurani bersifat cahaya bandingkan istilah bahasa Indonesia suara-hati [kata-hati] dengan hati-nurani ini.

E. Antara Aku Yang Berusaha Mengembalikan Fitrah Hatiku Dan Allah Tuhanku

Saat tadi pagi aku bangun tidur.. aku sungguh merasa bahwa hari ini dunia akan terasa berat di pundakku.. tapi ketika kemudian aku mengambil air wudhu.. seketika itu pula pikiran dan jiwaku tersiram oleh sejuknya cinta-Mu yang Engkau kirimkan melalui sang air. Begitu segarnya siraman sang air, menelusup perlahan melalui pori-pori kulit yang (lagi-lagi) adalah nikmat dan karunia dari_Mu. Di dinginnya fajar ini Engkau mengguyurku dengan hangatnya kerinduan sebagai panggilan untuk memadu cinta antara aku dan Engkau.

Lalu kulangkahkan kakiku kembali ke bilik berukuran 3x3, kubentangkan sajadah hijau, kukenakan Sarung, Kopyah. Alhamdulillah dalam adegan (yang mungkin terlihat singkat ini) ada banyaaaaaak sekali anugerah-Mu aku masih bisa berjalan, berdiri, bernafas, menggerakkan tangan, dan berjuta anugerah yang lainnya. Kuberdiri menunduk menuju hadirat-Mu, kupasungkan niat hanya untuk Engkau aku ingin menemui Engkau.. Kekasih Sejatiku

Kuucap takbiratul ihram. AllahuAkba¦.Allah Maha Besar Hatiku gemetar Engkau sungguh Akbar ya Robbi, sedangkan aku hanyalah seorang hamba yang dzolim.. yang terus mengingkari nikmat-Mu, di setiap langkahku aku seringkali lalai, padahal sudah begitu sering dan banyak Engkau kirimkan pesan cinta-Mu untukku tapi sungguh.. aku hamba yang kerdil. Yang seringkali tak dapat membaca pesan peringatan yang Engkau kirimkan. Tanganku yang sedekap, semakin kuat merasakan degup jantungku.

Saat aku ruku’. Subhana Robbiyal ˜adhiimi wabihamdihi, Maha Suci, Tuhan Yang Maha Agung serta memujilah aku kepada-Nya. Maha Suci Engkau ya Robb, yang telah menciptakan kami dalam kefitrahan, dan semoga kelak pun Engkau mengijinkan kami menghadap-Mu dalam kefitrahan. Dalam ruku Engkau membelajarkanku untuk bermuamalah. Aku teringat kembali dengan nikmat-Mu yang lainnya, yaitu Engkau telah mempertemukanku dengan saudara-saudariku dan sahabat-sahabatku. Hingga aku dapat merasakan betapa nikmatnya ukhuwah ini. Menjadi perhiasan megah dalam perjalananku menuju kepada-Mu.

Saat aku I’tidal..Samiâ Allahu Liman Khamidah.. Allah mendengar orang yang memuji-Nya. Ya Engkau sungguh Maha Mendengar hingga setiap saat Engkau selalu bersedia mendengarkan kisah-kisahku, keluh kesahku, doa-doaku dan tangisanku Engkau selalu ada untuk hamba-hamba-Mu. Hingga di sepertiga malam-Mu, Engkau selalu setia menunggu kami di pintu gerbang ampunan-Mu.. tapi kami masih juga sering lalai.astaghfirullah.. ampuni kami yaa Robb.

Saat aku sujud. Subhana Robbiyal aâlaa wa bihamdihi.. Maha Suci Tuhan, Maha Tinggi serta memujilah kepada-Nya. Ketika kening ini menempel di bumi-Mu, yang terlihat adalah Keagungan-Mu, kemurahan-Mu dan pintu ampunan-Mu.. yang Engkau buka lebar-lebar bagi hamba-hamba-Mu. Tapi kami masih sering lalai Ya Robb. Pada momen ini, hanya ada aku dan Engkau, berdua dalam naungan kalimat-Mu. Dan ijinkan aku memanjatkan do’a sebagai ungkapan syukur dan penghambaanku pada Engkau.

Ya Allah, semoga Engkau senantiasa menjaga lisan kami, supaya ia pandai memilih kata-kata yang tidak sia-sia dan bermanfaat, kata-kata yang Engkau suka bila mendengarnya agar mulut ini menyenandungkan nada-nada keimanan dan keagungan-Mu

Ya Allah, semoga Engkau senantiasa menjaga mata kami, menundukkannya dari yang bukan haknya untuk dipandangi membukanya lebar ketika lembaran Al Qur’an terbentang dan saat akhir malam Engkau membangunkannya.

Ya Allah, semoga Engkau senantiasa menjaga kaki dan tangan kami, agar senantiasa melangkah dan melakukan kebajikan sebagai perantara untuk dapat bermanfaat bagi ciptaan-Mu yang lainnya.

Ya Allah, semoga Engkau senantiasa menjaga pendengaran kami, agar senantiasa mendengarkan kalimat-kalimat-Mu dan membiarkan berlalu perdengaran-pendengaran yang tidak berguna.

Ya Allah, semoga Engkau senantiasa menjaga kami, jiwa kami, hati kami agar selalu dalam keimanan dan hidayah-Mu, hingga suatu saat nanti kami sudah siap ketika Engkau memanggil kami pulang.

Ya Allah maafkan kami, jika terlalu banyak meminta, sedangkan sedikit sekali yang bisa kami persembahkan untuk Engkau, namun permintaan kami ini adalah wujud penghambaan dan ketergantungan kami kepada Engkau. Wujub mahabbah antara kita.... aku dan Engkau yang terkasih.

3. Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian Itulah Allah, Tuhan kamu, Maka sembahlah Dia. Maka Apakah kamu tidak mengambil pelajaran?

BAB III

PENUTUP

A. KESIMPULAN

1. Fitrah adalah wujud singkronisasi antara manusia dengan seluruh makhluk semesta alam. Fitrah Allah: Maksudnya ciptaan Allah. manusia diciptakan Allah mempunyai naluri beragama Yaitu agama tauhid. kalau ada manusia tidak beragama tauhid, Maka hal itu tidaklah wajar. mereka tidak beragama tauhid itu hanyalah lantara pengaruh lingkungan
Fitrah kita yang paling awal adalah fitrah seorang bayi.

Jika keseimbangan yang benar ditegakkan, kaca hati tersebut akan mencerminkan kecemerlangan bidang rohani, dan dengan demikian terbukalah sifat-sifat langit, dan terpantullah akhlak Allah.
Kemudian dalam suatu keadaan yang disebut penyucian, seorang manusia dilatih kembali untuk lepas dari neraka dirinya. Inilah proses alam pembersihan diri, dimana dari sini akan terbuka kembali alam kefitrahannya, yang pada dasarnya setiap manusia dilahirkan dalam kefitrahan ini: keadaan hati yang ada dalam kecemerlangannya.

B. SARAN

Kita sebagai manusia marilah kita jaga agar hati kita tetap dalam keadaan suci, sehingga kefitrahan dalam diri kita selalu terjaga.





DAFTAR PUSTAKA

  1. Suara Hati dan Fitrah Manusia, Oleh Budhy Munawar-Rachman Dalam
  2. Mengapa kita beragama, oleh A Kamil dalam Telaga Hikmah
  3. Setan dan Fitrah Kemanusiaan, oleh Junet Haryo S

TIPS WINDOWS



TIPS WINDOWS DAN DELETE PERFECTCH


TIPS WINDOWS DAN DELETE PERFECTCH

  1. Membersihkan Recent Document

cara membersihkan Recent Document adalah:

  • run "gpedit.msc"
  • Klik administrative Templates dibawah user Configuration
  • Klik start menu and taksbar
  • Klik clear history of recenly opened documents on exit
  • pilih enabled

    1. Menghilangkan Run dari Start Menu

    cara Menghilangkan Run dari Start Menu adalah:

  • run "gpedit.msc"
  • Klik administrative Templates dibawah user Configuration
  • Klik start menu and taksbar
  • Remove Run from Start Menu
  • pilih enabled

    1. Menghilangkan Prefetch
  • Prefecht merupakan file log history dari Windows
  • Biasanya memperlambat kinerja windows, jadi harus sering menghapusnya
  • terletak di C:\Wimdows\Prefetch
  • Bisa dimodifikasi lewat sebagai berikut:
  • Start Run="regedit"
  • cari [HKEY LOCAL MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SessionManager\Memory Management\PrefetchParameters\EnablePrefetcher];
  • ubah nilainya menjadi 0 (disable)
  • reboot
    1. Meghilangkan Recent Document

    cara membersihkan Recent Document adalah:

  • run "gpedit.msc"
  • Klik administrative Templates dibawah user Configuration
  • Klik start menu and taksbar
  • Klik Do not keep history of recently opened documents

  • pilih enabled



  • CARA MELIHAT KEMAMPUAN CPU 1



    CARA MELIHAT KEMAMPUAN CPU


    CARA MELIHAT KEMAMPUAN CPU 1

    ketika kita membeli CPU baru maka akn timbul pertanyaan,yaitu:

    • Berapa kapasitas Hardisk yang ada dan apa merknya?
    • Berapa kemampuan Procesor serta apa merknya?
    • Bagaimana sistem yang dipakai?
    • Cara mengetahui Direct Files?
    • Cara mengetahui Dispaly manufactured?
    • Apa dan bagaimana Sisten Sound yang dipakai?
    • Apakah sistem music juga sudah ada atau belum?
    • Apa saja input yang dipakai (hardware)?
    • Bagaimana sistem Network yang dipakai?
    • Trus bagaimana cara merubah Komputer kita dan mengetahu masalah yang dihadapi?

    Dari tiap pertanyaan diatas maka kamai akan membahasnya satu persatu, yaitu :
    cara mengetahui sistem pada komputer kita tanpa melewati Properties yang ada pada MY COMPUTER. Alasan saya mengemukakan cara ini karena:

    • Apabila melewati Properties yang ada pada MY COMPUTER, kadang sistemnya bisa dirubah.
    • Dari pengalaman saya pribadi cara yang akan saya paparkan disini lebih bagus.

    Untuk itu mari kita belajar bersama-sama bagaimana cara mengetahui hal diatas.

    1. Mengetahui kapasitas Hardisk yang ada dan apa merknya yaitusebagai berikut:
      Buka "START"
    2. Klik "RUN"
    3. Ketik kedalamnya"dx diag"
    4. nanti akan muncul "DIRECTX DIAGNOSTIC TOOL"
    5. Tampilan pertama adalah "System"
    6. sebelahnya "Display"
    7. sebelahnya "Sound"
    8. sebelahnya "Music"
    9. sebelahnya "Input"
    10. sebelahnya "Network"
    11. sebelahnya "More help"
    12. Dari tiap - tiap bagian itu ada yang mau kita ketahui, maka disitulah tempatnya

    CARA MENGETAHUI KEMAMPUAN CPU BAGIAN 2



    CARA MENGETAHUI KEMAMPUAN CPU BAGIAN 2



    CARA MENGETAHUI KEMAMPUAN CPU BAGIAN 2

    Dalam hal cara mengetahui kemampuan CPU telah diterangkan dalam artikel yang saya tulis beberapa waktu yang lalu. Dalam hal ini kami menerangkan cara mengetahu Kemampuan CPU dari start awal BAGIAN "run".

    Karena cara mengetahui kemampuan CPU itu bisa dari beberapa titik, maka disini akan kami kemukakan hal tersebut dengan cara melalui START, Explore. Mari kita mulai.
    1. Terlebih dahulu ON kan kamputer kita.
    2. Buka Klik pada "START"
    3. Kemudian Klik pada "MY COMPUTER"
    4. Klik Kanan pada "MOUSE"
    5. Selanjutnya Klik pada "PROPERTIES"
      maka disana ada SYSTEM PROPERTIES, yang didalam System itu ada General, System Restore, Automatic Update, Remote, Hardware, Advanced, Computer name.
    6. Selanjutnya Klik pada "General", didalamnya ada System, Registerd to, Computer
    7. Kemudian kita Klik pada"computer Name", disitu ada Identitas Komputer kita, mulai dari Diskrpisi, Nama Komputer, Workgroup dan apabila kita mau mengubah nama atau rename, maka disana ada tab change.
    8. Disampingnya ada "Hardware", yang terdiri atas Device Manager, Drivers, Hardware Profiles.
    9. Terus diujung ada "Advanced" yang taksbarnya ada Setting Perfomance, Use Profiles, Start up dan recovery serta juga environment Variables, Error Reporting
    10. Kemudian untuk mengetahui "System restore" maka kita klik saja pada Tabnya, yang berisi: System Restore on all Drivers, Drive setting,
    11. Selanjutnya kita Klik pada "Automatic Updates", kita akan dapat mengetahui Help Protect Your PC, yang di Taksbarnya ada beberapa pilihan, mulai automatically Update, Downloade update, Notify me, Turn of Automatic Update.
    12. Dan yang paling ujung juga adalah sistem "Remote" yang disitu ada Remote Assistance, Remote Desktop.

    Dari cara diatas itu ada keunggulan dan juga ada kelemahannya. Dan kalau ada waktu akan kami ungkap pada waktu yang akan datang.

    Penulis masih Mahasiswa UII MADIUN semester 7 Jurusan TARBIYAH PAI dan karyawan di SMPN 1 KEBONSARI



    CARA MENGGANTI GAMBAR DESKTOP 1



    CARA MENGGANTI GAMBAR DESKTOP



    CARA MENGGANTI GAMBAR DESKTOP

    CARA MENGGANTI GAMBAR DESKTOP


    Didalam tampilan desktop, pastilah kita kadang jenuh hanya dengan tampilan gambar yang ditampilkan dari instalan WINDOWS

    Selain hal itu kadang kita juga ingin memasang gambar kita sendiri sebagai tampilan desktop. Maka dengan ini kami bermaksud ingin membahas masalah itu, sehingga tampilan desktop kita tidak monoton.

    Maka marilah kita bahas masalah itu secara perlahan tapi pasti dan semoga tulisan ini nanti berguna. Didalam cara penggantian desktop yang akan kita bahas disini adalah penggantian gambar desktop dengan gambar kita sendiri, entah itu file berbentuk Jpg, Gif, dan lain-lain. Amien.

    Mari kita bahas masalah itu dengan langkah - langkah sebagai berikut:

    1. Mari kita buka MY COMPUTER
    2. Buka dan klik pada directori tempat gambar kita, entah itu di C, D atau di MY DOCUMENT.
    3. Buka dan klik pada Folder tempat gambar kita
    4. Pilih gambar yang akan kita gunakan untuk calon desktop kita
    5. Klik kanan pada gambar itu
    6. Pilih set as desktop background
    7. Kemudian klik pada file dan pilih exit maka kita keluar dan menutup Explore yang telah kita buka
    8. Maka hasilnya kita dapat background sesuai gambar yang telah kita pilih tadi
    9. Selamat Mencoba

    Demikian tadi cara penggantian gambar desktop dengan gambar kita sendiri. Dan apabila ada waktu lagi kami ingin menulis masalah penggantian desktop dari bawaan windows. Semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat.


    Penulis adalah Mahasiswa UII Madiun Jurusan Tarbiyah PAI Semester 8 dan juga bekerja sebagai karyawan di SMPN 1 Kebonsari


    CARA MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET MODEM HP SMART


    CARA MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET DENGAN MODEM HP SMART

    CARA MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET DENGAN MODEM HP SMART


    Ketika kita menggunakan modem Hp maka ada beberapa trik yang bisa kita gunakan untuk emempercepat koneksinya, yaitu:

    1. Pertama bicara masalah OS Windows mesti diakalin dulu soale Windows memakai bandwith kita 20%. Supaya cara lebih cepat caranya seperti ini :

      • * Klik start menu > run lalu ketik gpedit.msc
      • * Pada bagian computer configuration > administrative template > pilih Network.
      • * Pada Qos packet scheduler > Double Klik pada Limit Reservable Bandwith.
      • * Klik Enabled reservable bandwith dan rubah settingannya ke 0 (nol)% lalu Apply dan OK.
    2. Klik start menu > run lalu ketik regedit . Pada bagian HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Servic es\Tcpip\Parameters . Isi value registry ini :

      • * DefaultTTL isi value 00000040
      • * EnablePMTUBHDetect isi value 00000000
      • * EnablePMTUDiscovery isi value 00000001
      • * GlobalMaxTcpWindowSize isi value 0005ae4c
      • * SackOpts isi value 00000001
      • * Tcp1323Opts isi value 00000003
      • * TcpWindowSize isi value 0005ae4c
      • * Restart Komputer.
    3. Kalau bisa gunakan Browser Mozzila Firefox yang udah terkenal Browser Paling Cepat dan Aman …download disini http://en-us.www.mozilla.com/en-US/ dan rubah juga settingan Mozzila supaya lebih cepat pada saat browsing …..caranya :

      • * Buka Firefox.
      • * Pilih address bar ketik about:config dan enter. Jika keluar peringatan klik ok.
      • * Klik kanan di Firefox (di bawah Preference Name) kemudian pilih new lalu integer.
      • * Pada kotak dialog New integer value - Enter the preference name isi dengan nglayout.initialpaint.delay. Lalu saat kotak dialog lain muncul isi nilai/value dengan 0 (nol).
      • * Pada Filter Bar (Filter:) letaknya ada di bawah tab yg dibuka ketik pipelining.
      • * Klik dua kali (double klik) pada tulisan network.http.pipelining agar settingannya dirubah menjadi true.
      • * Lalu klik dua kali (double klik) pada network.http.pipelining.maxrequests setelah keluar kotak dialognya isi dengan nomor antara 10 hingga 30. Isi 30 supaya lebih maksimal.
      • * Restart Firefox.
    4. Gunakan Wajan Kilik :) atau sejenisnya untuk meningkatkan sinyal modem anda.

    5. Ada juga pengguna modem smart yang mendekatkan HP Smart nya dengan Antena TV UHF dengan kondisi TV dinyalakan atau teflon yang dilapisi alumunium foil…hampir sama kaya wajan kilik bedanya yang ini dilapisi alumunium foil.

    6. Settingan Connections Smart Bukan cuma menggunakan user dan password :
      smart dial up ke *777 tapi bisa juga menggunakan :
      user dan password : wap - dial up : 222
      user dan password : cdma - dial up : *777#
      dial up juga bisa ke : *99# atau *31*11111#
      coba-coba aja mana yang lebih cepat dikombinasiin antara user/password dengan dial up mana aja juga bisa ko

    7. Bagi menggunakan prosesor AMD dan gagal melakukan koneksi. Anda bisa gunakan driver Haier yang versi 1.3.13 di websitenya smart langsung aja buka http://www.smart.co.id/ pasti ada.

    8. Gunakan Internet Accelerator seperti Cfosspeed, SpeedConnect, untuk browser gunakan FirefoxOptimizer dan untuk download gunakan Internet Download Manager (IDM) supaya meningkatkan kecepatan internet pada saat browsing dan download.

    9. Disarankan oleh Smart katanya kalau sudah disconect dan akan menggunakan modem smart untuk di RESTART hpnya dan cabut baterainya…lalu pasang kembali dan lakukan koneksi ke internet. Tapi saya coba dengan mengganti connection ke yang lainya ternyata bisa ko. Misalnya yang pake user dan password smart adalah connection 1 maka pindah saja ke connection 2 dengan user dan password yang lainnya..liat no 6. Jadi bikin aja 2 connection dengan user dan password berbeda.

    10. Kalau ingin browsing dan download lancar gunakan modem smart malam hari >12 malam sampai pagi saat traffic smart tidak ramai.

    11. Biasanya cuaca buruk berpengaruh besar terhadap koneksi internet smart…yang satu ini belum tahu cara mengatasinya…tunggu cuaca cerah atau baik saja ;) ato komplain aja ke cs smart hehehe :) biar puas
    Kalau masalah belum selesai hubungi saja Galeri Smart di kota/kab masing2 atau hub customer service di http://www.smart.co.id/.

    Semoga masalah-masalah dalam penggunaan Modem Smart Haier D1200P bisa terselesaikan. amin

    MENCOBA LINK

    Akhlakul Karimah





    windows 7


    </a></div><title>WINDOWS 7







    Windows 7 tidak hanya menarik banyak perhatian dari pers sebagai teknologi tinggi, tetapi juga memang banyak perubahan antarmuka yang baru, seperti taskbar didesain ulang, fitur manajemen file yang baru, library dan lain-lain. Beberapa tools telah disempurnakan yang kemudian disertakan dengan OS. Di sini kita membahas 10 dari tools terbaik windows 7 yang membuat pekerjaan komputasi menjadi lebih mudah.


    action Center
    Centralized management adalah yang lagi hot pada Windows 7 dan memberikan Anda lokasi one-stop shopping di mana Anda dapat menangani masalah keamanan, troubleshooting, dan recovery, bukan mencari-cari applet untuk masing-masing bagian. Semuanya dikombinasikan dalam Control Panel yang mudah digunakan, di mana Anda mendapatkan pemeliharaan dan pesan keamanan dan dapat melihat informasi performa, mengubah pengaturan UAC, dan banyak lagi.
    Ini merupakan perkembangan dari Security Center di Windows Vista. Masuk akal untuk menggabungkan security settings, system maintenance, dan recovery. Action Center juga muncul sebagai icon pada system tray, yang menampilkan simbol X merah jika ada masalah yang perlu Anda cari.
    Problem Steps Recorder
    Salah satu tool baru yang keren di Windows 7 adalah Problem Steps Recorder (PSR) terutama untuk memberikan dukungan teknis kepada pengguna Windows. Tidak peduli seberapa keras mereka mencoba, tetapi pengguna sering mengalami masalah untuk secara akurat menggambarkan masalah mereka dan langkah mereka ambil sebelum atau setelah mengalaminya. Tentu, Remote Assistance bisa menjadi berkah dalam situasi ini. Tapi kita tidak bisa selalu terhubung ke user komputer secara real time. Saat itulah PSR datang menolong.
    Problem Steps Recorder merupakan sebuah jenis perangkat lunak yang mencatat semua tindakan keystrokes, klik mouse, termasuk screenshot dll dan menyimpan urutan peristiwa dalam suatu halaman dokumen MHTML. Anda bisa memulai PSR dengan memasukkan psr.exe di kotak Start Search lewat pilihan command prompt.



    ISO burner
    Citra ISO adalah file jenis arsip yang sering digunakan untuk mendistribusikan perangkat lunak. Pada Windows 7, Microsoft menyertakan ini sebagai jawaban dari daftar keinginan banyak pengguna dalam waktu yang lama. Sekarang Anda tidak perlu men-download dan menginstal sebuah program pihak ketiga untuk membakar ISO file ke disk. Misalnya Anda ingin membuat bootable CD gunakanlah alat ini. Ini adalah proses yang sederhana: Setelah Anda men-download .ISO ke hard drive Anda, cukup klik dua kali dan Windows 7 akan membuka kotak Disc Burn Image dialog untuk melakukan burn disk.
    Biometric device management.
    Pada versi Windows sebelumnya, otentikasi biometrik dan pengelolaan perangkat biometrik (sensor sidik jari) diperlukan perangkat lunak pihak ketiga yang mungkin atau mungkin tidak dapat terintegrasi dengan baik dengan OS. Sekarang dalam Windows 7 sudah built in Windows Biometric Framework, yang memberikan developer API yang bisa Anda gunakan untuk membangun biometrik ke dalam aplikasi. Pembuat hardware sensor sidik jari, seperti UPEK dan AuthenTec, bekerja sama dengan Microsoft pada pengembangan framework-nya. Biometric ini dapat diakses melalui Control Panel.
    Credential Manager
    Credential Manager adalah fitur yang baru pada Windows 7. Alat ini mirip dalam beberapa cara denga fitur manajemen password dalam User Account Vista tetapi ini lebih canggih. Anda dapat mengelola Windows credentials untuk berbagai komputer yang Anda sign onto, certificate-based credentials, dan lain-lain (untuk e-mail account, Web rekening, dll). Ini semua disimpan secara default di Windows Vault.
    Mungkin fitur terbaik baru di Credential Manager adalah kemampuan untuk membuat cadangan dan merestore Vault. Microsoft menganjurkan agar Anda untuk menyimpan back up pada removable drive, seperti flash drive, untuk membuat cadangan jika Anda mengalami kegagalan hardware. Untuk keterangan lebih lanjut, lihat Windows 7: Windows 7: Exploring Credential Manager and Windows Vault langsung dari websitenya disini; http://www.neowin.net/news/main/09/03/07/windows-7-exploring-credential-manager-and-windows-vault


    Display projection dan Windows Mobility Center
    Jika Anda memberikan banyak presentasi, Anda akan disambut sebuah tool baru pada Windows 7 yang membuatnya mudah bagi Anda untuk menampilkan projector di desktop Windows 7. Hanya tekan tombol logo Windows + P dan Anda akan melihat kotak pop-up dimana Anda bisa melakukan pilihan presentasi. Pengaturan pertama adalah default dan ditampilkan pada layar komputer saja. Klon pengaturan kedua tampilan pada layar komputer untuk proyektor. Pengaturan ketiga memperpanjang desktop di kedua layar komputer dan proyektor, dan keempat menampilkan hanya pengaturan melalui proyektor dan mematikan layar komputer.
    Text tuning and color calibration.
    Komputer Anda mungkin tidak bekerja, tetapi monitor anda adalah apa yang Anda lihat sepanjang hari. Jika tidak terlihat baik, Anda tidak mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman komputasi Anda, dan bahkan dapat menimbulkan ketegangan mata Anda. Dalam Windows 7 terdapat dua tools untuk menyesuaikan tampilan agar sesuai preferensi Anda. Anda dapat mengakses ClearType Text Tuner dari Control Panel atau dari perintah (cttune.exe). Jika Anda memiliki beberapa monitor, Anda dapat mengatur sesuai masing-masing monitor.
    Alat tuning ini bekerja mirip seperti grafik mata di kantor dokter mata, dan silakan Anda pilih salah satu yang terlihat terbaik untuk Anda. Selain tuner teks, Windows 7 menyediakan alat kalibrasi warna. Ini dapat diakses dari Control Panel atau dari baris perintah (dccw.exe). Ini membantu Anda untuk mengatur gamma, kecerahan, kontras, dan penampakan warna pada monitor Anda untuk tampilan yang terbaik.
    System Repair Disc
    Sebenarnya pada Vista Service Pack 1 beta sudah memungkinkan Anda dengan mudah membuat sistem disc perbaikan dengan antarmuka grafis ramah, tapi telah dihapus dan dirilis ulang secara final dalam SP1. Windows 7 menyempurnakan fungsi ini. Cukup klik [Start] dan ketik [System Repair] di kotak Search. Klik [Create A System Repair Disc] untuk membuka kotak dialog. Untuk menggunakan disc, silakan mesukkan di drive dan reboot komputer dari disk. (Anda mungkin harus mengatur CD / DVD drive sebagai boot device utama di BIOS) Lalu Anda akan mendapatkan daftar system recovery options, yang meliputi:
    1. Startup repair
    2. System restore
    3. System image recovery
    4. Windows memory diagnostic
    5. Command prompt
    Better backup utility.
    Pada versi windows sebelumnya memang sudah termasuk backup utility, tapi alat ini telah sempurna secara signifikan pada Windows 7. Program backup Vista adalah user friendly tapi tidak terlalu fleksibel. Windows 7 memberikan kontrol yang lebih rinci atas apa yang ingin Anda backup. Anda dapat menjalankan Backup And Restore dari Control Panel atau dengan mengetikkan backup pada kotak Search pada menu Start. Anda dapat membuat cadangan file ke hard disk lokal, removable disk, DVD, atau komputer lain pada jaringan (asal diisinkan pada jaringan). Lalu Anda juga dapat memilih untuk membuat cadangan folder library atau perorangan. Anda juga dapat mengecualikan folder tertentu ketika mem-backup.
    PowerShell v2
    Windows PowerShell (Gambar P) adalah sebuah shell command-line interface dan tool scripting yang membuatnya lebih mudah bagi administrator Windows untuk mengotomatisasi tugas-tugas menggunakan cmdlets, yang merupakan perintah yang melakukan perintah tunggal, dan skrip, yang terdiri dari beberapa cmdlets untuk tugas kompleks, langkah multi-tugas. Sebelumnya versi Windows termasuk command-line interpreter (command.com atau cmd.exe), tetapi PowerShell jauh lebih kuat, yangjuga disediakan lingkungan UNIX, perintah ini dapat mengotomatisasi hampir setiap fungsi GUI.


    PowerShell dapat didownload dan berjalan pada Windows XP atau Vista, namun dalam Windows 7 disertakan secara built in. PowerShell v2 menambahkan sekitar 240 cmdlets baru, serta API dan fitur baru, seperti kemampuan untuk memanggil skrip PowerShell dan cmdlets pada komputer remote. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang PowerShell pada situs Web Microsoft; http://www.microsoft.com/windowsserver2003/technologies/management/powershell/default.mspx
    Sumber: http://agussale.com/10-tools-terbaik-pada-sistem-operasi-windows-7



    PEMOGRAMAN HTM/HTML BAG 2

    <em>Ampersands & angle brackets need to be encoded.</em>

    2-HTML FORMAT TEKS ::


    OBJEKTIF:

    Setelah mempelajari materi ini diharapkan anda dapat memahami penggunaan element-element untuk pemformatan teks.


    MATERI:

    Element BR(line break), Element P(paragraph), Element H1,H2,H3,H4,H5,H6(header), Element B(bold), Element I(italic), Element U(underline), Element PRE(preformated text), Element CENTER, Element BASEFONT, Element FONT, Element HR(horizontal rule)



    ELEMENT BR (Line Break)

    Element BR berfungsi untuk ganti baris. Dan element BR ini tidak mempunyai tag penutup.

    <pre>

    Sintaks:

    <br>



    ELEMENT P (Paragraph)

    Element P berfungsi untuk ganti paragraf yang diikuti dengan baris kosong di awal dan akhir paragraf. Tag penutup </p> sifatnya optional jika suatu paragraf diikuti oleh paragraf berikutnya. Jika tag </p> diabaikan, maka paragraf itu tidak akan diikuti dengan baris kosong di akhir paragraf.

    Element P mempunyai attribute yaitu align yang bernilai "left", "center", "right" yang menspesifikasikan posisi tepi horizontal dari paragraf (default: "left").


    Sintaks:

    <p align="left"|"center"|"right">

    ..........................

    </p>



    ELEMENT H1,H2,H3,H4,H5,H6 (Header)

    Element H1,H2,H3,H4,H5,H6 berfungsi untuk membuat header dengan format 6 jenis ukuran huruf dan tercetak tebal. Nilai ukuran huruf terbesar adalah H1 dan terkecil adalah H6. Element ini mempunyai attribute yaitu align yang bernilai "left", "center", "right" yang menspesifikasikan posisi horizontal dari header (default: "left").


    Sintaks:

    <hx align="left"|"center"|"right">

    ..........................

    </hx>


    x : 1 ... 6



    ELEMENT B (Bold)

    Element B berfungsi untuk membuat tampilan teks tercetak tebal (bold).


    Sintaks:

    <b>

    ..........................

    </b>



    ELEMENT I (Italic)

    Element I berfungsi untuk membuat tampilan teks tercetak miring (italic).


    Sintaks:

    <i>

    ..........................

    </i>



    ELEMENT U (Underline)

    Element U berfungsi untuk membuat tampilan teks tercetak garis bawah (underline).


    Sintaks:

    <u>

    ..........................

    </u>



    ELEMENT PRE (Preformated text)

    Element PRE berfungsi untuk menampilkan teks seperti apa adanya.


    Sintaks:

    <pre>

    ..........................

    </pre>



    ELEMENT CENTER

    Element CENTER berfungsi untuk menampilkan teks dengan posisi horizontal ditengah.


    Sintaks:

    <center>

    ..........................

    </center>



    ELEMENT BASEFONT

    Element BASEFONT berfungsi untuk merubah dasar ukuran huruf tampilan dari web browser. Attribute dari element ini adalah size yang merupakan ukuran huruf dengan nilai "1" sampai dengan "7" pixel, atau berupa ukuran relatif ( + atau - ), default nya adalah "3" pixel. Element ini tidak mempunyai tag penutup.


    Sintaks:

    <basefont size="pixel">



    ELEMENT FONT

    Element FONT berfungsi untuk merubah jenis, ukuran dan warna dari tampilan huruf. Element ini mempunyai attribute color untuk merubah warna huruf, face untuk merubah jenis huruf (jika lebih dari satu jenis huruf, harus dibatasi dengan koma), dan size untuk merubah ukuran huruf (pixel).


    Sintaks:

    <font color="warna" face="font" size="pixel">

    ..........................

    </font>



    ELEMENT HR (Horizontal Rule)

    Element HR berfungsi untuk membuat suatu garis horizontal. Element ini tidak mempunyai tag penutup dan mempunyai attribute align untuk menempatkan posisi secara horizontal ("left", "center", "right"), size untuk ukuran ketebalan garis ("pixel"), width untuk ukuran panjang garis ("persen"), dan noshade (garis solid).


    Sintaks:

    <hr align="left"|"center"|"right" size="pixel" width="persen" noshade>

    Anjuran melakukan perintah Rasul sesuai kemampuan, menjauhi larangannya dan larangan banyak bertanya


    Anjuran melakukan perintah Rasul sesuai kemampuan, menjauhi larangannya dan larangan banyak bertanya

    Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, menceritakan bahwasanya di mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda : " Apa yang aku larang kalian dari (mengerjakan)-nya maka jauhilah ia, dan apa yang aku perintahkan kalian untuk (melakukan)-nya maka lakukanlah sesuai dengan kemampuan kalian, karena sesungguhnya yang menghancurkan orang-orang yang sebelum kalian adalah karena banyaknya pertanyaan-pertanyaan mereka (yang mereka ajukan) dan perselisihan mereka dengan para Nabi-Nabi (yang diutus kepada) mereka ". (H.R.Bukhari dan Muslim). 

    Takhrij Hadits secara global
     
    Hadits dengan lafazh diatas dikeluarkan oleh Imam Muslim saja dari riwayat az-Zuhri dari Sa'id bin al-Musayyab dan Abu salamah; keduanya dari Abu Hurairah, begitu juga dikeluarkan oleh Imam Bukhari, Imam Ahmad dan an-Nasai serta ditashhih oleh Imam Ibnu Hibban. 

    Makna Hadits secara Global
    Dalam hadits tersebut kita diperintahkan untuk hanya melakukan apa yang diperintahkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam dan menjauhi apa saja yang dilarang  oleh beliau. Larangan tersebut dimaksudkan agar kita tidak terjebak dengan apa yang telah menimpa umat-umat terdahulu yang hancur dan binasa gara-gara terlalu banyak bertanya kepada Nabi-Nabi mereka tentang sesuatu yang tidak ada faedahnya begitu juga seringnya mereka berselisih dan membantah Nabi-Nabi mereka tersebut. 

    Penjelasan Tambahan
    Banyak hadits-hadits lain yang senada dengan hadits tersebut yang menunjukkan larangan bertanya tentang hal-hal yang tidak perlu dan justru memojokkan posisi si penanya sendiri seperti pertanyaan seseorang yang menanyakan kepada Nabi bagaimana nasibnya nanti, apakah di neraka atau di surga ? atau yang bertanya tentang nasabnya, dan lain-lainya. Begitu juga larangan bertanya perihal yang sia-sia, atau dengan maksud  mengejek atau dimaksudkan untuk menyombongkan diri/berkeras kepala sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang Munafik dan selain mereka. 

    Pertanyaan serupa yang juga dilarang adalah mempertanyakan ayat-ayat dengan tujuan untuk sekedar menunjukkan kekerasan hati dan penolakan terhadapnya seperti yang dilakukan oleh kaum Musyrikun dan Ahlul Kitab. Begitu juga larangan melontarkan pertanyaan-pertanyaan seputar hal-hal yang hanya diketahui oleh Allah semata dan tidak dapat diketahui oleh manusia, seperti bertanya tentang kapan saat kiamat terjadi dan tentang ruh. 

    Hadits-Hadits tersebut juga berbicara tentang larangan bagi kaum Muslimin untuk bertanya banyak seputar hal yang berkaitan dengan halal dan haram dan larangan bertanya seputar hal yang belum terjadi seperti ada seseorang yang bertanya tentang apa yang terjadi terhadap keluarganya padahal masalah yang ditanyakannya itu masih bersifat dugaan/perandaian. 

    Jadi, hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah diatas (hadits yang kita bicarakan) maksudnya adalah : barangsiapa yang tidak menyibukkan dirinya dengan memperbanyak bertanya tentang hal-hal yang tidak terdapat semisalnya dalam AlQuran ataupun as-Sunnah tetapi justeru kesibukannya hanya dalam memahami firman Allah dan Sabda RasulNya yang tujuannya semata-mata hanya agar dapat menjalankan segala yang diperintahkan kepadanya dan menjauhi segala yang dilarang baginya, maka orang semacam inilah yang dimaksud oleh hadits diatas dengan orang yang mendatangkan/melakukan apa yang diperintahkan oleh Rasulullah. Sedangkan orang yang tidak memberikan perhatiannya untuk memahami apa yang diturunkan oleh Allah kepada RasulNya dan justeru banyak menyibukkan dirinya dengan menciptakan pertanyaan-pertanyaan yang masih bersifat kemungkinan; bisa terjadi dan bisa tidak, dan mencari-cari jawabannya berdasarkan pertimbangan logika semata, maka orang semacam ini dikhawatirkan termasuk orang yang telah melanggar hadits tersebut diatas yaitu melakukan larangan dan meniggalkan peritah yang ada. 

    Sesungguhnya banyaknya terjadi peristiwa-peristiwa yang tidak bersumber sama sekali dari AlQuran maupun dari as-Sunnah lantaran meninggalkan kesibukan yang semestinya diarahkan kepada perbuatan melakukan perintah Allah dan RasulNya dan menjauhi larang-larangan keduanya. Jika saja orang yang ingin melakukan suatu pekerjaan bertanya tentang apa yang disyari'atkan oleh Allah berkaitan dengan  pekerjaan tersebut (yang ditanyakannya) lantas dia menjalankan pekerjaan itu,  begitu juga dia bertanya tentang pekerjaan apa yang dilarang oleh Allah lantas dia meninggalkan pekerjaan tersebut, maka dapat dikatakan bahwa peristiwa-peristiwa tersebut terjadi masih dalam kaitannya dengan AlQuran dan as-Sunnah. Sebab yang terjadi justeru sebaliknya, seseorang melakukan suatu pekerjaan berdasarkan logika dan hawa nafsunya semata, sehingga secara umum peristiwa-peristiwa itu terjadi dalam kondisi yang bertentangan dengan apa yang disyari'atkan oleh Allah, dan dalam hal ini barangkali sangat sulit untuk merujuknya kembali kepada hukum-hukum yang telah disebutkan dalam AlQuran dan as-Sunnah karena sudah terlalu jauh dari keduanya. 

    Secara global, barangsiapa yang melakukan apa yang diperintahkan oleh Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam dalam hadits tersebut (yang kita bahas) dan menjauhi apa yang dilarang oleh beliau dan dia memfokuskan dirinya hanya pada apa yang diperintahkan kepadanya saja,  terlepas dari yang lainnya maka dia akan mendapakan keselamatan di dunia dan akhirat sedangkan orang yang berbuat sebaliknya dengan menyibukkan dirinya berdasarkan pertimbangan logika dan perasaan semata, maka dia telah terjerumus kedalam apa yang dilarang oleh Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam sama seperti halnya Ahlul Kitab yang binasa lantaran terlalu banyak bertanya dan berselisih dengan para Nabi mereka dan ketidaktundukan serta ketidakta'atan mereka  kepada para Rasul yang diutus kepada mereka. 

    Permasalahan hadits diatas
     
    Setidaknya  terdapat tiga masalah yang dibicarakan para ulama seputar hadits diatas, yaitu: pertama, masalah bertanya tentang hal-hal yang tidak bermanfaat dan hal-hal yang masih diperkirakan akan terjadi. Kedua, masalah keutamaan meninggalkan al-Muharramât (hal-hal yang diharamkan) atas perbuatan ta'at yang sifatnya sunnah. Ketiga, masalah orang yang tidak mampu melakukan perintah secara keseluruhan tetapi hanya mampu melakukan sebagiannya saja. 

    i) Masalah bertanya tentang hal yang tidak bermanfaat dan hal-hal yang masih diperkirakan akan terjadi
    Yang dimaksud dengan bertanya tentang hal yang tidak bermanfaat tersebut adalah adanya pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya tidak perlu dilontarkan karena bisa saja hal tersebut berakibat jelek terhadap si penanya sendiri, begitu juga dengan masalah bertanya tentang hal-hal yang sebenarnya belum terjadi namun diperkirakan akan terjadi. 

    Sebab-Sebab dibencinya banyak bertanya perihal yang tidak bermanfaat
     
    Diantara sebab dari adanya larangan banyak bertanya seputar hal-hal yang telah disebutkan diatas adalah ; Pertama,  karena ditakutkan dengan pertanyaan semacam itu justru akan menurunkan beban syar'i (taklif) yang lebih berat lagi (karena Rasul masih hidup dan berbicara berdasarkan wahyu semata, maka datangnya jawaban tentang masalah yang dipertanyakan berarti perintah/taklif yang wajib dita'ati), seperti pertanyaan tentang apakah haji dilakukan setahun sekali atau tidak ?. Dalam sebuah hadits yang shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Muslim, Abu Daud, Ahmad dan ditashhih oleh Ibnu Hibban, Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda : "Sesungguhnya orang-orang Islam yang paling besar dosanya adalah orang yang bertanya tentang sesuatu yang tidak diharamkan maka lantaran pertanyaannya hal itu (kemudian) diharamkan ".
     
    Berkaitan dengan hadits ini, ada yang berpendapat bahwa hal itu khusus pada zaman Rasul saja, sedangkan setelah beliau wafat, hal itu bisa terhindarkan. Namun bukan lantaran itu saja sebenarnya sebab dibencinya bertanya tentang hal itu, tetapi ada sebab lainnya yaitu, sebagaimana yang diisyaratkan dalam ucapan Ibnu 'Abbas, bahwa seluruh permasalahan agama yang diperlukan oleh kaum Muslimin pasti telah dijelaskan oleh Allah dalam KitabNya dan telah disampaikan oleh RasulNya sehingga tidak perlu lagi seseorang mengajukan pertanyaan sebab Allah Maha Mengetahui kemaslahatan hamba-hambaNya; sesuatu yang didalamnya diperuntukkan bagi kemaslahatan dan mendapatkan hidayah buat mereka yang tentunya Allah pasti menjelaskannya sebelum adanya pertanyaan , sebagaimana Allah berfirman : "…..Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, supaya kamu tidak sesat..". (Q.,s. an-Nisa'/4: 176). Maka oleh karenanya tidak diperlukan lagi pertanyaan tentang apapun apalagi sebelum terjadinya dan sebelum kebutuhan akan hal itu, akan tetapi keperluan yang sesungguhnya adalah bagaimana memahami apa yang telah diinformasikan oleh Allah dan RasulNya, kemudian mengikuti dan mengamalkannya. Dalam hal ini, Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam sering ditanyai beberapa masalah maka beliau langsung merujuknya kepada AlQuran; seperti tatkala beliau ditanya oleh Umar tentang pengertian "al-Kalâlah", maka beliau menjawab dengan sabdanya :"cukup bagimu (dalam masalah ini/al-Kalâlah) ayat ash-Shaif". (H.R. Muslim dan Ibnu Majah).
     
    Kedua, ditakutkan bahwa dengan pertanyaan itu justeru akan menimpa si penanya itu sendiri, dan karenanya Nabi sangat membenci pertanyaan semacam itu dan mencelanya, seperti pertanyaan yang berkaitan dengan hukum Li'an ; yaitu pertanyaan seseorang kepada Nabi perihal sesuatu yang masih merupakan dugaan/perandaian yang mungkin akan terjadi terhadap keluarganya dan ternyata lantaran pertanyaan itu hal tersebut benar-benar terjadi. (Lihat Musnad Ahmad, Shahih Muslim, Sunan at-Turmuzi dan Shahih Ibnu Hibban). 

    Jadi, bila himmah/keinginan si pendengar begitu mendengar perintah dan larangan hanya diarahkan kepada penciptaan masalah-masalah yang berpretensi kemungkinan terjadi dan kemungkinan tidak terjadi saja maka hal inilah yang termasuk dalam larangan tersebut yang dibenci untuk bertanya-tanya tentangnya sebab hal itu malah akan mematahkan semangat untuk mengikuti perintah tersebut. Dan hal ini pula yang menyebabkan Ibnu 'Umar memarahi seseorang yang bertanya kepadanya tentang hukum menyalami hajar aswad, maka lantas hal itu dijawab oleh Ibnu 'Umar : "aku melihat Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam menyalaminya dan menciumnya". Orang tersebut berkata kepadanya : bagaimana jika aku tidak sanggup melakukannya karena sesuatu hal ? bagaimana jika sedang dalam keadaan berdesak-desakan? ..Lalu Ibnu 'Umar menjawab :"jadikan ungkapanmu 'bagaiman jika' itu di negeri Yaman saja !(barangkali si penanya ini berasal dari negeri Yaman yang memang penduduknya suka membuat pernyataan semacam itu atau hal semacam itu merupakan kebiasaan yang ada di negeri Yaman-penj), aku telah melihat Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam menyalaminya dan menciumnya ". (dikeluarkan oleh at-Turmuzi). Maksud Ibnu Umar dalam riwayat tersebut adalah bahwa jadikanlah keinginanmu semata-mata untuk mengikuti sunnah Rasulullah sehingga tidak perlu mengemukakan bayangan-bayangan kemungkinan tidak dapat melaksanakan hal itu atau lantaran sulitnya melakukan hal itu sebelum terjadi, karena hal itu justeru bisa mematahkan semangat untuk mengikuti sunnah Nabi. Bukankah tafaqquh (mendalami syari'at) hanya terdapat dalam agama dan bertanya tentang ilmu hanya dipuji bilamana hal itu untuk dilakukan/dipraktekkan bukan hanya untuk berdebat dan mencari muka?. 

    Sikap Salaf dalam masalah ini
     
    Yang perlu diketahui, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam tidak pernah memberikan keringanan/rukhshah bertanya tentang banyak masalah (yang tidak perlu) kecuali kepada delegasi-delegasi orang 'Arab pedalaman (al-A'râb) dan orang-orang (yang kondisi keimanannya) seperti mereka yang datang kepada beliau. Hal itu (memberikan rukhshah kepada mereka) dilakukan oleh beliau dengan tujuan mendekatkan hati mereka dan melunakkannya. Sedangkan orang-orang Muhajirin dan Anshor yang tinggal disekitar kota Madinah dan telah mantap keimanannya, maka hal itu (bertanya tentang banyak masalah yang tidak perlu tersebut) dilarang bagi mereka. Diantara saksi yang membenarkan statement ini adalah hadits yang terdapat dalam Shahih Muslim dari an-Nawwas bin Sam'ân, dia berkata: aku telah tinggal bersama Rasulullah selama setahun di Madinah dimana tidak ada satupun hal yang mencegah/melarangku berhijrah kecuali hanya satu permasalahan/pertanyaan saja, sedangkan salah seorang dari kami bila berhijrah mereka tidak pernah bertanya-tanya kepada Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam . 

    Dan Dari al-Bara' bin 'Âzib, dia berkata :"Jika penghujung tahun telah datang kepadaku dan aku sebenarnya berkeinginan untuk bertanya tentang sesuatu kepada Rasulullah, lantas aku merasa takut untuk menyampaikannya maka kami hanya bercita-cita agar yang datang bertanya itu adalah orang-orang 'Arab pedalaman (al-A'râb)". (Musnad al-Kabir, karangan Abi Ya'la)

    Ibnu 'Abbas berkata :"Saya tidak pernah melihat suatu kaum yang lebih baik dari para Shahabat Muhammad Shallallahu 'alaihi Wasallam ; mereka tidak bertanya kepada beliau kecuali tentang dua belas masalah saja, yang semuanya termuat dalam AlQuran : yaitu firman Allah : "Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi…". (Q.,s,al-Baqarah/2 : 219). Dan firmanNya:"Mereka bertanya kepadamu tentang berperang pada bulan Haram..". (Q.,s, al-Baqarah/2: 217). Dan firmanNya :Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak-anak yatim.." (Q.,s. al-Baqarah/2: 220)……hingga akhir hadits. 

    Berkaitan dengan pertanyaan seputar peristiwa-peristiwa yang belum terjadi, para shahabat bukannya tidak pernah menanyakan tentang hal itu tetapi mereka menanyakan hal itu, semata-mata untuk mereka amalkan begitu hal itu benar-benar terjadi, seperti pertanyaan Huzaifah kepada Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam tentang fitnah yang akan terjadi, dan bagaimana mereka menyikapinya nanti. Begitu juga mereka pernah menanyakan kepada beliau tentang para Umara' (pemimpin) yang beliau beritakan akan datang setelah beliau, bagaimana sikap mereka; mena'ati atau memerangi mereka. (H.R.Bukhari). 

    Ibnu 'Umar berkata : "Janganlah kalian bertanya tentang hal-hal yang belum terjadi, karena sungguh! saya telah mendengar 'Umar melaknat orang yang bertanya tentang sesuatu yang belum terjadi". (diriwayatkan oleh Ibnu 'Abdil Barr). Begitu juga, Zaid bin Tsabit bila ditanyai tentang sesuatu, dia balik bertanya : apakah hal ini dulu  memang begini ?, jika mereka menjawab : tidak, maka dia lalu berkata :"biarkan saja dulu hingga terjadi". 

    Al-Hasan al-Bashri berkata :"Hamba-Hamba Allah yang paling jahat adalah orang-orang yang mengikuti/selalu menguntit masalah-masalah yang pelik yang dengannya membuat bencana bagi hamba-hamba Allah yang lain". 

    Imam al-Auzâ'i berkata : "Sesungguhnya bila Allah menghendaki diharamkannya keberkahan ilmu seorang hamba, maka Dia akan melemparkan kesalahan-kesalahan/ucapan-ucapan ngawur ke lisannya. Sungguh aku telah melihat mereka sebagai orang-orang yang paling sedikit ilmunya".
    Alhasil, banyak sekali ungkapan dan perbuatan Salaf tentang ketidaksukaan mereka bertanya tentang hal-hal yang tidak perlu dan yang masih berpretensi kemungkinan terjadi. 

    Sikap-Sikap para Ulama dalam mempertanyakan sesuatu yang belum terjadi
     
    Dalam hal ini, para ulama terbagi menjadi beberapa kelompok :
    1.    Ahlul Hadits : mereka menutup rapat-rapat pintu bertanya tentang masalah tersebut (bab al-masâil) sehingga hal ini menyebabkan mereka kurang faqih dan kurang keilmuannya berkaitan dengan hukum-hukum yang diturunkan oleh Allah kepada RasulNya dan mereka akhirnya menjadi pembawa fiqih yang tidak faqih.
    2.    Ahlur Ra'yi : mereka sebaliknya  sangat memperluas bab ini, sehingga melahirkan banyak bab tentang ini (bab tentang permasalahan-permasalahan  yang berkaitan dengan hal-hal yang belum  terjadi); diantaranya ada yang terjadi menurut kebiasaan dan diantaranya ada yang tidak terjadi, dan mereka sangat disibukkan dengan hal ini dengan memberikan jawaban secara berlebihan (melebihi kemampuan mereka), memperbanyak perdebatan yang akibatnya melahirkan pula perselisihan hati dan memantapkan kemauan hawa nafsu, rasa permusuhan dan kebencian. Dan yang lebih menonjol lagi, adalah niat untuk selalu menang (dalam berdebat) dan mendapatkan pujian orang serta bersombong-sombong. Hal ini tentu saja amat dicela oleh ulama-ulama Rabbani, begitu juga banyak hadits menunjukkan keharaman perbuatan semacam ini.
    3.    Fuqaha' Ahlul Hadits yang 'Âmilin (yang mengamalkan hadits) : Keinginan mereka yang paling besar adalah mencari makna-makna AlQuran dan  tafsiran-tafsirannya baik melalui sunnah-sunnah yang shahih, perkataan para shahabat atau orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik. Begitu juga mereka mencari/membahas sunnah Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam ; dengan tujuan mengetahui mana yang shahih darinya dan mana yang tidak, mendalaminya (tafaqquh) dan memahaminya, mengetahui makna-maknanya, serta mengetahui perkataan para shahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik dalam berbagai disiplin ilmu ; Tafsir, Hadits, masalah-masalah halal dan haram, pokok-pokok sunnah, zuhud, raqâiq dan lain-lain.

    Inilah metode yang dilakukan oleh Imam Ahmad dan orang-orang yang sependapat dengannya yang termasuk dalam kelompok ulama hadits yang Rabbani. Imam Ahmad selalu berkata, bila beliau ditanyai mengenai masalah-masalah baru yang belum terjadi :"tinggalkan kami (jangan sibukkan kami) dengan masalah-masalah baru yang diada-adakan ini ! ".

    Ahmad bin Syubwaih berkata :"barangsiapa yang menginginkan ilmu kubur ('Ilmul Qabri) maka hendaklah dia mengkaji atsar-atsar (hadits-hadits) dan barangsiapa yang menginginkan ilmu roti ('Ilmul Khubzi) maka silahkan mengkajinya dengan ra'yun (logika)".
     
    ii) Masalah keutamaan meninggalkan al-Muharamât (hal-hal yang diharamkan) atas perbuatan ta'at yang sifatnya sunnah. 

    Diantara masalah lain yang dibicarakan para ulama berkaitan dengan hadits diatas (yang kita bicarakan), adalah masalah keutamaan meninggalkan al-muharramât atas perbuatan ta'at . Secara zhahirnya, yang dimaksud dengan  perbuatan ta'at disini adalah perbuatan ta'at yang bersifat sunnah (bukan wajib). Sedangkan inti dari pembicaraan mereka tentang hal ini adalah bahwa menjauhi/meninggalkan al-muharramât (hal-hal yang diharamkan) meskipun sedikit lebih utama daripada memperbanyak perbuatan-perbuatan ta'at yang bersifat sunnah, karena hal itu (menjauhi/meninggalkan al-muharramât) adalah wajib sedangkan mengerjakan keta'tan yang sunnah itu hukumnya adalah sunnah. 

    Masalah ini dapat disimpulkan dari potongan hadits diatas (yang kita bahas ini) yaitu dari sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam : "Apa yang aku larang kalian dari (mengerjakan)-nya maka jauhilah ia, dan apa yang aku perintahkan kalian untuk (melakukan)-nya maka datangkanlah/lakukanlah sesuai dengan kemampuan kalian". Dalam hal ini, sebagian ulama berkata : "Dari potongan hadits diatas diambil kesimpulan bahwa larangan adalah lebih keras dari perintah, karena tidak pernah ada keringanan/rukhshah dalam melakukan suatu larangan sedangkan perintah selalu dikaitkan dengan istithâ'ah (kemampuan) dalam melakukannya". Ucapan ini diriwayatkan dari Imam Ahmad. 

    iii) Masalah orang yang tidak mampu melakukan perintah secara keseluruhan dan hanya mampu melakukan sebagiannya 

    Dalam masalah ini, orang tersebut harus melakukan apa yang mungkin untuk dilakukannya. Kemudian masalah ini berkembang kedalam pembahasan masalah yang terkait dengan masalah-masalah fiqih, seperti thaharah, shalat,  zakat fitrah, dan lain-lain. (untuk penjelasan yang lebih rinci lagi, lihat; kitab Jami'ul 'Ulum wal hikam, karya Syaikh Ibnu Rajab al-Hanbali, h. 253-257). 

     Intisari Hadits
    ·         Anjuran untuk melakukan perintah Rasulullah sesuai dengan kemampuan yaitu dengan memberikan perhatian yang penuh terhadap apa yang datang dari Allah dan RasulNya, berijtihad dalam memahaminya, mengetahui makna-maknanya kemudian mengaplikasikannya dalam amaliah sehari-hari.
    ·         Para Salaf sangat berhati-hati  dalam menyikapi pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang tidak perlu dan masih berpretensi kemungkinan akan terjadi bahkan cenderung menghindarinya hingga hal itu benar-benar terjadi.
    ·         Dari satu sisi, bahwa meninggalkan al-Muharamât adalah lebih utama dari melakukan perbuatan ta'at yang sifatnya sunnah.
    ·         Allah Ta'ala tidak membebankan taklif syar'i diluar kemampuan mukallaf dan dalam hal tertentu taklif tersebut berubah menjadi rukhshah/dispensasi sebagai kasih sayangNya kepada hamba-hambaNya sedangkan dalam masalah larangan maka tidak ada keringanan apapun untuk melakukannya bahkan taklifnya harus dilakukan secara total kecuali dalam keadaan darurat dimana dimaksudkan bukan untuk bersenang-senang serta mengumbar hawa nafsu.
    ·         Diantara ciri-ciri umat-umat terdahulu adalah suka banyak bertanya tentang hal-hal yang tidak bermanfaat dan suka membantah Nabi-Nabi yang diutus kepada mereka dan hal itulah sebagai penyebab hancur dan binasanya mereka. 

    (Disarikan dari kitab "Jâmi'ul 'Ulûm wal Hikam", karya Syaikh Ibnu Rajab al-Hanbali, juz. I, h. 238-257).

    DAFTAR ISI