Sabtu, 28 Agustus 2010

FILE DAN FOLDER


</a></div><title>FILE DAN FOLDER













Kadang para pengguna komputer yang masih pemula masih bingung dengan folder dan file untuk itu saya mencoba memberikan pengertian tentang file dan folder agar para sobatku bisa membedakan file dengan folder.
Bagi rekan yang sudah sering menggunakan komputer sudah tentu tidak asing lagi dengan file dan folder tapi bagaimana dengan para sobat yang masih pemula, tak terkecuali para pengguna komputer yang sudah lama sekali pun masih ada yang tidak bisa membedakan file dan folder. Kita langsung aja dech bagaimana mengenal file dan folder.

File yaitu kumpulan data-data baik berupa teks, angka, gambar, video, slide, program dan lain-lain yang diberi nama tertentu secara digital, sedangkan folder adalah tempat untuk menyimpan file.

Analoginya misalkan surat-surat keluar yang sudah di kemas dalam satu map yang pada label mapnya bertuliskan “Surat Keluar”.
Nah sekarang yang mana yang di sebut sebagai file, yang disebut sebagai file adalah map dan isi didalam map itu sendiri sedangkan folder adalah “laci” dari sebua meja kerja.
Sedangkan meja itu sendiri di sebut juga dengan hard disk, jadi :
Meja = Hard Disk
Laci = Directory/folder
Map = File
Nama file secara digital baisanya terdiri dari 2 (dua) bagian penting yaitu nama file utama dan nama perluasannya. Nama perluasannya itu biasanya diberikan secara langsung oleh aplikasi atau program itu sendiri dalam pembuatan dokumen itu.
Misalkan nama filenya adlah : “suratkeluar.doc”, di sini yang di sebut nama file utama adalah “suratkeluar” sedangkan “doc” adalah nama perluasannya yang diperoleh secara otomatis dari aplikasi microsoft office. Jadi tugas kita hanya menamakan nama file utamanya saja sedangkan nama perluasannya biarkan komputer yang secara otomatis menambahkan ke file utama kita.
Sebagai contoh pengenalan nama file serta aplikasi atau proigram apa file ini di buat maka perhatikan beberapa contoh file berikut ini :

* surat.doc, file Microsoft Word
* tabel.exl, file Microsoft Exel
* logo.cdr, file corel draw
* presentasi.ppt, file Microsoft PowerPoint
* gambar.bmp, file Paint atau Photoshop
* dll

Bagaimana dengan folder ?, nah folder seperti sudah saya analogikan di atas bahwa folder adalah tempat penyimpanan file-file. Jadi sebaiknya folder folder ini juga di berikan sebuah nama yang identik dengan isi dari folder itu sendiri, misalnya folder untuk surat-surat sebaiknya di berikan nama “surat” ini dimaksud agar membantu kita dalam mempermudah untu menemukan data.

Sumber : http://nanpunya.wordpress.com/2009/03/11/mengenal-file-dan-folder

Arti istilah Folder dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut


Map, berkas, direktori.

Pada lingkungan Graphical User Interface (GUI) seperti Windows dan Macintosh, folder adalah suatu objek yang dapat berisi beberapa dokumen. Folder digunakan untuk menata informasi. Pada DOS dan UNIX, folder disebut direktori (directory).

Telusuri | Sempurnakan | Edit terakhir oleh feri

Istilah lain yang mungkin terkait

Subfolder
Folder di dalam folder (Windows).
Cache Folder
Disebut juga Temporary Internet Files Folder adalah tempat penyimpanan sementara file-file dari webp...
Temporary Internet Files Folder
Istilah lain dari Cache Folder.
Trash
Sampah. Folder yang berisi informasi yang telah dihapus dan dianggap sebagai sampah. Folder ini bias...
Sent
Sudah terkirim. Folder yang berisi informasi yang telah dikirimkan.

0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR ISI