Minggu, 06 Desember 2009

Filsafat Pendidikan Islam



<b>MAKALAH FILSAFAT ISLAM</b>


Penulis : SUDARTO


Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Pendidikan Agama Islam
Masih duduk disemester 7
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA (UII) Madiun


1




FILSAFAT ISLAM


1

BAB I

A. PENGERIAN FILSAFAT

HARFIAH dari Fhilo yang berarti Cinta dan sophos yang berarti pengetahuan atau Ilmu.

Dari bahas arab Falasafah yang dari Bahasa Yunani yaitu Philosophia, Philos yang berarti cinta dan Shopia yang berarti Ilmu atau pengetahuan

Filsafat adalah berfikir secara mendalam, sistematik, radikal dan universal dalam rangka mencari kebenaran, inti atau hakekat mengenai segala sesuatu yang ada.


2

BAB II

B. PENGERTIAN PENDIDIKAN

PENDIDIKAN adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh sipendidik kepada perkembangan jasmani dan rohani siterdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.

Unsur utama pendidikan :

  1. Usaha yang bersifat bimbingan, pimpinan, atau pertolongan yang dilakukan secara sadar.
  2. Ada pendidik, pembimbing atau penolong.
  3. Ada yang di didik atau siterdidik.
  4. adanya dasar dan tujuan dalam bimbingan tersebut.
  5. dalam usaha ada alat- alat yang dipergunakan.

3

BAB III

C. PENGERTIAN ISLAM

Islam dari kata aslama yuslimu islaman.

Islam berarti berserah diri, selamat, sentosa atau memelihara diri dalam keadaan selamat

Muslim adalah orang yang telah menyatakan dirinya untuk ta’at, berserah diri, ptuh dan tunduk dengan ikhlas kepada Allah Swt.


4

BAB IV

D. FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Adalah konsep berpikir mengenai kependidikan yang didalamnya berdasarkan atau bersumberkan atau berlandaskan pada ajaran – ajaran islam tentang hakekat kemampuan menusia untuk dibina dan dikembangkan serta dibimbing menjadi manusia Muslim yang seluruh pribadinya dijiwai oleh ajaran Islam.

Adalah Pelaksanaan pandangan filsafat dari kaidah filsafat Islam dalam bidang pendidikan yang didasarkan pada ajaran Islam.


5

BAB IV

E. RUANG LINGKUP FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Masalah – masalah yang terdapat dalam kegiatan Pendidikan, baik itu mengenai masalah guru, masalah kurikulum, masalah metode pengajaran dan pembelajaran dan lingkungan.

Ruang lingkup pemikirannya

Bukanlah hal- hal yang mengenai bersifat teknis operasional pendidikan, melainkan segala hal yang mendasari serta mewarnai corak system pemikiran yang disebut filsafat itu.


6

BAB IV

F. KEGUNAAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Tujuan:


  1. Membantu pembentukan akhlak yang mulia
  2. Persiapan untuk kehidupan didunia dan diakherat.
  3. menumbuhkan ruh ilmiah pada pelajaran sehingga pelajar tidaka hanya mengetahui atau mengkaji ilmu bukan sekedar ilmu.
  4. Menyiapkan pelajar dari segi professional, teknis dan perusahaan supaya ia dapat menguasai profesi tertentu, teknis tertentu dan perusahaan tertentu.
  5. Persiapan untuk mencari rezeki dan pemeliharaan segi-segi kemanfaatan.

Kegunaan:


  1. Menolong para perancang pendidikan dan orang – orang yang melaksanakannya untuk membentuk watak yang sehat terhadap suatu system pendidikan dalam suatu Negara.
  2. Menjadi azaz yang terbaik untuk penilaian pendidikan dalam arti yang menyeluruh.
  3. Menolong dalam memberikan pendalaman pemikiran bagi factor-faktor spiritual, kebudayaan, social, ekonomi, dan politik Negara kita.

  4. Menolong para perancang pendidikan Menjadi azaz yang terbaik untuk penilaian, Menolong dalam memberikan pendalaman pemikiran

  5. Memberikan landasan sekaligus mengarahkan kepada proses pelaksanaan pendidikan Islam
  6. Melakukan kritik dan koreksi terhadap proses pelaksanaan pendidikan itu.
  7. Melakukan evaluasi terhadap metode yang digunakan dalam proses pendidikan tersebut.

  8. Memberikan landasan dan mengarahkan, Melakukan kritik dan koreksi, Melakukan evaluasi terhadap metode yang digunakan dalam proses pendidikan tersebut.

METODE PENGEMBANGAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

  1. Bahan – bahan yang digunakan dalam pengembangan filsafat pendidikan yang tertulis : Al-Qur’an, al-Hadist, ijtihat ulama’,
  2. Metode pencarian bahan. Yang tertulis dengan cara studi kepustakaan dan studi lapangan.
  3. Metode pembahasan./analisis sintetis yaitu metode yang berdasarkan pendekatan rasional dan logis terhadap sasaran pemikiran secara induktif, deduktif, dan analisa ilmiah.
  4. Pendekatan. Analisa untuk menjelaskan fenomena tertentu.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

DAFTAR ISI