Selasa, 17 Februari 2009

Terjemah hadis

SELAMAT DATANG




Mari Belajar Bersama


ANAK MADIUN





TUGAS

MAKALAH ULUMUL HADIS 4




Oleh: Sudarto

Mahasiswa UII/STAIM Madiun, Semester 5

Dan bekerja sebagai Karyawan di SMPN 1 Kebonsari





23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35






AL- HADIST 23




BAB AKHLAK DAN BUDI PEKERTI


Artinya :


“Sesungguhnya Rasulullah SAW beertanya: “Tahukah kalian apakah hibah itu? Mereka menjawab: “Allah dan Rasulnya yang lebih mengetahui, Nabi bersabda: “Kamu menyebut orang lain dengan sesuatu sebutan yang ia benci. Dikatakan oleh sahabat, Bagaimana Rasul apabila saudaraku itu sesuai dengan yang ia katakan, Nabi menjawab: ‘Jika memang demikian, maka itu namanya hibah dan jika tidak sesuai dengan yang dikatakan namanya bahattah.


Keterangan:


  1. Bab akhlak dan Budi Pekerti artinya larangan mengolok – olok orang lain.
  2. Isi Hadis tersebut diatas adalah:

    • Dilarang mengelokkan orang lain yang menyebabkan orang lain dibenci.
    • Dilarang menuduh orang lain walaupun orang lain itu disebut Ghibah.
    • Dilarang menuduh yang tidak ada kenyataannya yang demikian itu disebut Bahattah.
    • Tutuplah kekurangan yang ada pada orang lain dengan kelebihanmu.
  3. Hadis tersebut nilainya shohih tingkat ke 3
  4. Munasabah dengan Al- Qur’an:

    • a. Surat Al –Hujurat : 11

      Artinya:

      11. Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh Jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh Jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan Barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim.


    • b. Surat Al – Ahzab ayat 58

      Artinya:

      58. dan orang-orang yang menyakiti orang-orang yang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, Maka Sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata.


    • c. Surat Al – Ahzab ayat 70

      Artinya:

      70. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan Katakanlah Perkataan yang benar,




    • d. Surat Al –Haj ayat 30


      Artinya:


      30. Demikianlah (perintah Allah). dan Barangsiapa mengagungkan apa-apa yang terhormat di sisi Allah Maka itu adalah lebih baik baginya di sisi Tuhannya. dan telah Dihalalkan bagi kamu semua binatang ternak, terkecuali yang diterangkan kepadamu keharamannya, Maka jauhilah olehmu berhala-berhala yang najis itu dan jauhilah perkataan-perkataan dusta.



23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35

AL- HADIST 24


BAB HIBAH / PEMBERIAN / HADIAH

Artinya :

Dari Nuqman bin Basir Ra. Sesungguhnya abahnya (besar) mendatangi Rasulullah SAW, maka Basir berkata: Ya Nabi, saya telah menghadiahkan kepada anakku namanya Nuqman pembantu yang saya miliki. Maka Rasulullah SAW bersabda: “Apakah semua anakmu kamu hadiahi seperti Nuqman ini?” Basir manjawab: “Tidak”, Bersabda Rasulallah SAW : Pulangkan saja. Dalam riwayat lain, Rasulullah bersabda: Apakah kamu berbuat terhadap anakmu demikian”?. Basir menjawab: “Tidak”. Rasul bersabda: “Takutlah kepada Allah , berbuatlah adil kepada anak-anak kalian”. Maka abah saya menarik pemberiannya. Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda: “Hai Basir , Apakah kamu memiliki anak selain ini?”.Basir menjawab: “Ya”. Nabi bertanya:”Apakah seluruhnya kamu beri hadiah kepadanya semisal ini?”. Basir menjawab:”Tidak”. Nabi bersabda: “Kalau begitu jangan menjadikanku saksi, sesungguhnya saya tidak akan menjadi saksi hal yang tidak adil”. Dalam Riwayat lain:”Janganlah menjadikan saya sebagai saksi yang curang”. Dalam Riwayat lain: “Silahkan saksikan kepada selain saya”. Kemudian Nabi bersabda: “Apakah kamu senang, mereka maki-makimu berbuat kebaikan kepadamu kebaikan yang sama?” Basir menjawab:”Ya”. Oleh karena itu jangan kamu lakukan.

Keterangan:

  1. Hadis tersebut diatas termasuk Bab Hibah / Pemberian / Hadiah.
    • Pemberian / Hibah kepada anak harus adil dengan penegertian tidak harus sama, yang sama haknya.
    • Persaksian terhadap sesuatu urusan haruslah yang adil jangan urusan – urusan yang curang.
    • Adil itu menyenangkan dan akibatnya kebaikan.
  2. Nilai Hadis tersebut sohih tingkat pertama.
  3. Munasabah:
  1. Surat An-Nahl: 36


    Artinya:


    36. dan sungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu", Maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).







  2. Surat An-Nahl: 90



    Artinya:


    90. Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) Berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.


  3. Surat Al-Maidah : 8

    Artinya:

    8. Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu Jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk Berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.



23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35

AL- HADIST 25


BAB UKHUWAH

Artinya:

Dari Abu Musa al-Anshori Ra. Rasulullah SAW bersabda: “Orang mukmin kepada mukmin yang lain semisal bangunan saling menguatkan sebagian bangunan yang lain” dan Nabi mengepalkan (mengumpulkan) diantara jari – jari Nabi.

(Muttafaqun ‘alaihi)

Keterangan


  1. Hadis tersebut termasuk Bab Ukhuwah (????)
  2. Hadi tersebut berisi tentang:
    • Tolong menolong sesame mukmin.
    • Persaudaraan / Ukhuwah Islamiyah ibarat suatu bangunan yang saling memperkuat.
    • Juga dapat diibaratkan seperti kepalan tangan.
  3. Hadis tersebut peringkat Sohih peringkat pertama.
  4. Munasabah

  1. a. Surat Al-Hujurat: 10

    Artinya:

    10. orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.




  2. b. Surat Al-Maidah : 2

    Artinya:

    3. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keredhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, Maka bolehlah berburu. dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya.



23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35

AL- HADIST 26


BAB UKHUWAH

Artinya :

Dari Nu’man bin Basyir RA berkata: Rasulullah SAW bersabda:”Perumpamaan seorang mukmin didalam saling mencintai dan saling menyanyangi dan saling menghargai semisal badan, tatkala sakit salah satu anggota saling merasakan yang sakit seluruh tubuh dengan tidak tidur dan merasa panas. (Muttafaqun ‘alaihi).

Keterangan:


  1. Hadis tersebut diatas adalah Bab Ukhuwah.
  2. a. Seorang mukmin diibaratkan satu badan yang memiliki banyak bagian.


    b. Diantara sesame mukmin saling mencintai, menyanyangi dan menghargai, mencintai itu suatu kecenderungan.


    c. Saling menghargai, saling merendah diri, tidak berebut kebenaran, tetapi berebutlah kesalahan, yang demikian itu akan menjadi damai.


  3. Nilai hadis tersebut diatas sohih peringkat pertama.
  4. Munasabah:

  1. Surat Ali Imran : 159

    Artinya:

    59. Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.


  2. Surat al-Hujurat:10

    Artinya:

    10. orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.



23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35

AL- HADIST 27


BAB SILATURRAHMI

Artinya :

Dari Anas Bin Malik RA, ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang ingin dimudahkan /dilonggarkan dalam rizkinya atau ditumbuhkan bekasnya (dipanjangkan umurnya) maka sambunglah silaturrahmi. (Muttafaqun ‘alaihi)

Keterangan:

    Hadis tersebut diatas adalah mengenai Bab Silaturrahmi.
  1. Isi Hadis tersebut :

    • Rizki seseorang yang telah ditentukan kadarnya oleh Allah dapat diminta kebarokahannya dan kemanfaatannya untuk kehidupan.
    • Umur yang sudah ditentukan juga dapat diminta kepada Allah tentang bekas umur, atau manfaatnya umur, sehingga walaupun sudah meninggal masih disebut – sebut namanya lantaran menyambung silaturrahmi.
    • Termasuk ketentuan jodoh sebelum mengetahui jodohnya, maka seseorang diwajibkan mencari dan menemukannya.
  2. Peringkat Hadis tersebut diatas adalah Sohih peringkat Pertama.
  3. Munasabahnya:

  1. Ali Imran : 134

    Artinya:

    134. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.


  2. An – Nisa’: 90

    Artinya:


    90. kecuali orang-orang yang meminta perlindungan kepada sesuatu kaum, yang antara kamu dan kaum itu telah ada Perjanjian (damai)[331] atau orang-orang yang datang kepada kamu sedang hati mereka merasa keberatan untuk memerangi kamu dan memerangi kaumnya[332]. kalau Allah menghendaki, tentu Dia memberi kekuasaan kepada mereka terhadap kamu, lalu pastilah mereka memerangimu. tetapi jika mereka membiarkan kamu, dan tidak memerangi kamu serta mengemukakan perdamaian kepadamu[333] Maka Allah tidak memberi jalan bagimu (untuk menawan dan membunuh) mereka.


  3. An-Nisa’ : 94

    Artinya:

    94. Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu pergi (berperang) di jalan Allah, Maka telitilah dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan "salam" kepadamu[338]: "Kamu bukan seorang mukmin" (lalu kamu membunuhnya), dengan maksud mencari harta benda kehidupan di dunia, karena di sisi Allah ada harta yang banyak. begitu jugalah Keadaan kamu dahulu[339], lalu Allah menganugerahkan nikmat-Nya atas kamu, Maka telitilah. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.


  4. Bani Isroil : 30

    Artinya:

    30. Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; Sesungguhnya Dia Maha mengetahui lagi Maha melihat akan hamba-hamba-Nya.



23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35

AL- HADIST 28


BAB AKULUL MUSLIM (PERSAUDARAAN SESAMA MUSLIM)

Artinya:

Dari Abi Ayyub Al-Anshori sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “ Tidak boleh mendiamkan saudaranya selama diatas 3 hari 3 malam (4 hari keatas), keduanya saling bertemu dan saling berpaling kekanan atau kekiri dan sebaik – baik diantara keduanya ialah yang mendahului salam. (Muttafaqun ‘alaihi).

Keterangan:


  1. Hadis tersebut diatas mengenai Bab Akulul Muslim ( persaudaraan sesame muslim).
  2. Isi hadis tersebut diatas antara lain:

    • Sesama Muslim dilarang berseteru.
    • Apabila terpaksa berseteru dibolehkan selama 3 hari 3 malam.
    • Diantara keduanya yang saling berseteru ada nilai baik, apabila mendahului islah/damai dengan mendahului salam.
    • Kewajiban bagi yang diberi salam adalah menjawab salam terus menyeringai tersenyum.
  3. Nilai hadis tersebut diatas adalah sohih peringkat pertama.
  4. Munasabah:

  1. Surat An-Nisa’ : 86

    Artinya:


    86. apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, Maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa)[327]. Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.



23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35

AL- HADIST 29


BAB MUSAFIR

Artinya:

Dari Ibnu Abas berkata : “ Aku telah mendengar Rasulullah SAW berkhutbah dan bersabda sebagai berikut: “Janganlah seorang diantara kamu menyendiri dengan seorang wanita kecuali ada yang menyertainya (muhrimnya). Janganlah seorang wanita bepergian sendiri kecuali bersama dengan keluarga (suami). Salah seorang bertanya kepada Rasul. Ya Rasul istriku merencanakan pergi jauh (naik haji) dan aku telah mendaftar mengikuti perang ini dan itu. Nabi bersabda: “ Batalkan daftar perangmu dan pergilah haji menyertai istrimu”. (Hadis ini sohih ? dalam kitab sohih Muslim)

Keterangan:


  1. Hadis tersebut diatas termasuk Bab Mussafir (pergi jauh)
  2. Isi kandungan hadis :

    • Seorang laki – laki atau perempuan keduanya tidak boleh menyendiri kecuali ada orang ke-3, sebab bila tidak syaithon yang akan menemaninya.
    • Perempuan apabila bepergian harus ada yang menyertai dari muhrim atau suami termasuk dalam haji.
    • Wanita yang beribadah haji termasuk jihad fi sabilillah.
    • Wanita yang akan bepergian jauh karena alasan kerja (TKW) boleh dengan syarat:
    1. Takwallah
    2. Ada muhrim yang menyertai atau dengan suami.

  3. Hadis tersebut sohih peringkat ke 3
  4. Munasabah:

  1. An-Nisa’: 28

    Artinya:

    28. Allah hendak memberikan keringanan kepadamu[286], dan manusia dijadikan bersifat lemah.


  2. An-Nisa’ : 34

    Artinya:

    34. kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. sebab itu Maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, Maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. kemudian jika mereka mentaatimu, Maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.


  3. An-Nisa’ : 137

    Artinya:

    137. Sesungguhnya orang-orang yang beriman kemudian kafir, kemudian beriman (pula), kamudian kafir lagi, kemudian bertambah kekafirannya[362], Maka sekali-kali Allah tidak akan memberi ampunan kepada mereka, dan tidak (pula) menunjuki mereka kepada jalan yang lurus.




23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35

AL- HADIST 30


BAB HAK JALAN

Artinya:

Dari Abi sa’id Al – Khudri ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Kalian jauhi duduk-duduk ditepi jalan”. Sahabat bertanya: “Ya Rasulullah kami terpaksa perlu duduk ditepi jalan untuk membicarakan sesuatu (bermusyawarah). Rasul bersabda: “ Apabila kalian engan untuk meninggalkannya, maka berilah hak jalan”. Sahabat bertanaya lagi. “Apa haknya jalan Ya Rasul?”. Rasul menjawab: “1) Menundukkan pandangan mata. 2) Menyingkirkan sesuatu yang mengganggu di jalan. 3) Waktu salam menjawab salam. 4)mengajak kebaikan. 5) menolak yang mungkar. (HR.Muttafaqun ‘alaihi).

Keterangan:


  1. Hadis tersebut diatas termasuk Bab Hak Jalan.
  2. Isi kandungan hadis tersebut antara lain:

    • Dilarang duduk ditepi jalan yang intinya mengganggu orang yang lewat.
    • Apabila terpaksa boleh dengan syarat:

    1. Tundukkan pandangan mata terhadap orang yang lewat.
    2. Tidak mengganggu jalan / menutup jalan.
    3. Menjawab / membalas ucapan salam.
    4. Amar ma’ruf, menolong menunjukkan arah jalan.
    5. Nahi mungkar menolong yang teraniaya.
  3. Nilai hadis tersebut adalah sohih peringkat pertama.
  4. . Munasabah ;
    a. An – Nisa’ : 86



    Artinya:


    86. apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, Maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.


    b. Ali Imran : 104

    Artinya:

    104. dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.



23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35

AL- HADIST 31


BAB SALAM

Artinya:

Dari Abdullah bin Salam berkata:”Rasulullah SAW Bersabda: “Hai sekalian manusiatebarkanlah salam, dan sambunglah persaudaraan dan berilah makan orang – orang miskin dan sholatlah sunah tengah malam, yang kebanyakan orang tidur nyenyak, kalian akan masuk surga dengan mengucap salam. (HR. Tirmidzi).

Keterangan:


  1. Hadis tersebut termasuk Bab Salam.
  2. Isi Hadis tersebut diatas adalah:

    • Mengucapkan salam kepada sesama muslim baik yang kenal maupun yang tidak kenal.
    • Silaturrahim, kekeluargaan atau kepada siapa saja, uatamanya kenalan orang tua.
    • Memberi makan kepada orang miskin, utamanya tetangga.
    • Sholat sunah malam yang lazim disebut Tahajud.
    • Berdo’a agar diakhirat nanti boleh masuk Surga.
  3. Hadis tersebut diatas Riwayat Tirmidzi, nilainya sahih rangking ke 6 (enam)
  4. Munasabah:

  1. An-Nur : 28

    Artinya:

    28. jika kamu tidak menemui seorangpun didalamnya, Maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. dan jika dikatakan kepadamu: "Kembali (saja)lah, Maka hendaklah kamu kembali. itu bersih bagimu dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.


  2. An-Nisa’ : 86

    Artinya:

    86. apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, Maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa)[327]. Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.


  3. Surat Al – Isra’ : 79

    Artinya:

    79. dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.



23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35

AL- HADIST 32


BAB AMAR MA’RUF NAHI MUNGKAR

Artinya:

Dari Khudifah RA. Dari Nabi SAW, beliau bersabda: “ Demi diriku ada pada kekuasaan-Nya (Allah). Benar – benar akan kuperintahkan untuk melakukan kebaikan dan benar – benar mencegah yang mungkar atau kalau tidak Allah akan memberikan siksa dunia kepada kalian walaupun kalian berdo’a, agar terhindar dari bala’ dunia, kalian tidak dikabulkan do’anya.

(Hadis Riwayat Tirmidzi dan Tirmidzi mengatakan hadis ini hadis hasan)

Keterangan:


  1. Hadis tersebut termasuk Bab Amar Makruf Nahi mungkar.
  2. Isi hadis tersebut diatas adalah:

    • Hadis tersebut diawali oleh Nabi dengan qosam (sumpah).
    • Amar Ma’ruf Nahi Mungkar sesuatu yang amat penting ditegakkan.
    • Apabila tidak, Allah mengancam akan menurunkan cobaan dengan tidak mendengarkan do’anya umat manusia.
  3. Nilai Hadis tersebut adalah Hasan (dibawahnya sohih)
  4. Munasabah :

  1. Ali Imran : 104

    Artinya:

    104. dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.


  2. Ali Imran: 110

    Artinya:

    110. kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.


    c. Ali Imran : 114

    Artinya:

    114. mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang Munkar dan bersegera kepada (mengerjakan) pelbagai kebajikan; mereka itu Termasuk orang-orang yang saleh.






    23
    24
    25
    26
    27
    28
    29
    30
    31
    32
    33
    34
    35





    AL- HADIST 33




    BAB AMAR MA’RUF NAHI MUNGKAR


    Artinya:

    Dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, ia berkata : Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa melihat diantara kalian berbuat kesalahan/mungkar, maka cegahlah dengan menggunakan tangan (kekuasaan), maka bila tidak dapat mencegahnya pergunakanlah lesan (nasehat), maka jika tidak mampu maka cegahlah dengan hati (berdo’a) yang demikian ini iman yang paling lemah.


    Keterangan:


    1. Hadis tersebut termasuk Bab amar ma’ruf nahi mungkar.
    2. Isi Hadis tersebut diatas antara lain:

      • Wajib hukumnya menalak atau merubah kemungkaran dengan urutan sebagai berikut:
        1. Merubah dengan tangan apabila mempunyai kekuasaan
        2. Merubah dengan lesan artinya memberi nasehat.
        3. Mendo’akan artinya menolak kemungkaran yang paling lemah.

      • Nilai hadis tersebut adalah tingkat ke – 3
      • Munasabah
      • Al- Maidah : 79


        Artinya:

        79. mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan Munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya Amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu.


  3. 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35

    AL- HADIST 34


    BAB AMAR MA’RUF NAHI MUNGKAR

    Artinya :

    Dari nu’man bin Basir Radliyallahi ‘anhuma dari Nabi SAW bersabda : “Perumpamaan dalam menegakkan hukum Allah, membiarkan semisal suatu kaum yang diundi tempatnya dalam perahu sebagian ada diatas sebagian dibawah. Adapun orang – orang yang bertempat dibawah, apabila ia haus dan memerlukan air ia melewati orang –orang yang diatas. Mereka berkata ( yang dibawah ) “Andaikata kami melubangi perahu dan tidak usah memperhatikan orang – orang yang diatas dan tidak dicegah apa yang menjadi kehendak mereka maka akan menjadi tenggelam semuanya. Dan jika mereka (yang diatas) ambil tindakan mencegah mereka untuk melubangi perahu, mereka akan selamat dan akan menyelamatkan kita semuanya. (HR. Muslim)

    Keterangan:


    1. Hadis tersebut diatas masih termasuk dalam amar ma’ruf nahi mungkar.
    2. Isi dari hadis tersebut antara lain:

      1. Mencegah sesuatu yang mungkar seakan – akan merugikan orang lain, sebenarnya menyelamatkan dari bahaya (bermanfaat)
      2. Diperlukan keberanian dalam mencegah kemungkaran dengan istilah Jihad .
    3. Nilai Hadist tersebut adalah sohih peringkat ke tiga (3)
    4. Munasabah :

      1. Al- Maidah : 79


        Artinya:

        79. mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan Munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya Amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu.


      23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35

      AL- HADIST 35


      BAB AMAL KEBAIKAN

      Artinya: Dari Abi Hurairah Rasulullah bersabda: “ Barng siapa yang menutupi kejelekannya sesame muslim di dunia, maka Allah akan menutupi kejelekannya pada hari kiamat. Dan barang siapa memberi kemudahan atas kesulitan seseorang Allah akan memberi kemudahan urusan dunia dan akhirat. Dan barang siapa yang tidak menceritakan aibnya sesame muslim, maka Allah akan menutupi aibnya didunia dan diakhirat Allah akan menolong hambanya selama hamba itu mau menolong saudaranya. (HR. Muslim)

      Keterangan:

      1. Hadis tersebut diatas termasuk bab amal kebaikan (soleh)
      2. Isi hadis tersebut diatas yaitu:
        • Seorang yang menutupi kekurangan / kelemahan sesamanya, Allah akan mengimbangi dengan menutupi kekurangannya kebaikan diakhirat.
        • Orang yang memberi kemudahan seseorang yang sulit (dalam keruwetan) Allah akan memberikan kemudahan urusan di dunia dan di akhirat.
        • Barng siapa yang menutupi cela (aib) sesamanya maka Allah akan menutupi cahayanya didunia dan diakhirat.
        • Allah memberikan pertolongan kepada seseorang selama orang itu suka menolong saudaranya.
      3. Nilai Hadist tersebut diatas adalah sohih peringkat ke – 3 (Tiga)
      4. Munasabah :
        a. Surat Al - Haj : 37


        Artinya :


        37. Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi Ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.



0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR ISI